Home Berita Pilkada KPU Nabire Ukir Sejarah

KPU Nabire Ukir Sejarah

suroso  Senin, 28 Juni 2021 4:43 WIT
 KPU Nabire Ukir Sejarah

NABIRE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nabire mengukir sejarah dengan mengurangi puluhan pemilih di Kabupaten Nabire saat menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nabire tahun 2020. Karena, KPU Nabire berhasil memangkas puluhan DPT dari jumlah DPT sebelumnya, sebanyak 178.545 dan Data pemilihan potensial (DP4) per Juni 2020 dari Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang diakui Mahkamah Konstitusi (MK) saat memutuskan sengketa Pilkada Nabire dan memutuskan untuk melakukan pemungutan suara ulang untuk seluruh tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Nabire, dengan data DPT sebanyak 115.141.

Saat penetapan pemilih dalam pelaksanaan PSU di Kabupaten Nabire, medio Juli mendatang, KPU Nabire menetapkan DPT sebanyak 85.983.

KPU Nabire dikatakan mengukir sejarah karena, setelah melaksanakan coklit pemilih untuk PSU telah berhasil mengurangi 29 ribu lebih pemilih potensial (DP4) dari Dirjen Dukcapil Kemendagri yang diakui dan disebutkan di dalam amar putusan MK yang memutuskan untuk melakukan pemungutan suara ulang. Berkurangnya pemilih dalam PSU Pilkada Nabire, apabila disandingkan dengan DPT saat Pemilu dan Pilpres lalu, jumlahnya DPT yang berkurang malah lebih dari 50.000.

Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nabire, Sambena Inggeruhi menilai penetapan DPT oleh KPU akan menjadi peluang bagi kandidat peserta PSU yang kalah untuk menggugat.

Anggota legislatif ini menilai, akan timbul gejolak saat pemungutan suara ketika warga yang memiliki e KTP Kabupaten Nabire tetapi namanya tidak terdaftar di dalam DPT. Karena, pemilik KTP tersebut berhak memberikan suaranya saat PSU tetapi tidak terdaftar sebagai pemilih.

Wakil Ketua II DPRD Nabire, H. Mohammad Iskandar saat ditanyai hanya menuturkan, dirinya tidak tahu mengapa terjadi demikian, penuruna jumlah DPT dari DP4 dari Dirjen Dukcapil semester pertama tahun 2020. Oleh sebab itu, mau mendengar langsung dari KPU saat pertemuan antara KPU-Bawaslu dan perwakilan lima distrik bersama DPRD Nabire.

DPRD akan Mediasi Warga 5 Distrik dengan KPU-Bawaslu 

Penetapan DPT oleh KPU Nabire disambut aksi protes oleh warga dari lima distrik yang merasa dirugikan. Perwakilan dari lima distrik yakni tiga distrik di bagian darat dan dua distrik dari pesisir bagian Barat Nabire melakukan aksi damai ke DPRD, Jumat pekan lalu.

Untuk menanggapi aksi tersebut, DPRD Nabire mengundang KPU dan Bawaslu untuk menjelaskannya kepada masyarakat yang dimediasi oleh wakil rakyat Nabire.

Wakil Ketua II DPRD Nabire, H Mohammad Iskandar di ruang kerjanya, Kamis (24/6) mengatakan pihaknya mengundang KPU dan Bawaslu Nabire untuk menjelaskan penurunan jumlah DPT saat penetapan DPT sebagai pemilih PSU Pilkada Nabire.

Iskandar mengungkapkan, Ketua KPU menjawab undangan DPRD dengan jawaban tertulis kepada pimpinan dewan. Tetapi, bukan seperti itu yang dimaksud dewan. DPRD mengundang KPU dan Bawaslu Nabire untuk mendengar langsung penjelasannya kepada masyarakat dan anggota dewan. Bukan dijawab secara tertulis, tetapi mau dengar langsung dari KPU dan Bawaslu Nabire. (ans)

suroso  Senin, 27 Juni 2022 0:2
Tindakan Kepolisian : SAKSI DIDUGA DIJADIKAN TERSANGKA TANPA CUKUP ALAT BUKTI (Studi Kasus Pengeroyokan, salah penanganan).
Dalam penegakan hukum positif di Indonesia terhadap berbagai kasus yang terjadi dari segi penanganan kasus tidak mengedepankan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 01 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan Dalam Tindakan Kepolisian dan Standar Operasional Prosedur (SOP) baku yang berlaku dalam tubuh Kepolisian Republik Indonesia.
suroso  Senin, 7 Februari 2022 0:41
Apa Itu Tinea Imbrikata atau Kaskado ?
Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menemui orang-orang atau bahkan diri kita sendiri yang pernah mengeluhkan gatal-gatal terutama di badan. Tetapi dapat juga terjadi pada leher,tangan, kaki ataupun di tempat lainnya. Keluhan gatal tersebut berlangsung lama, berulang, makin gatal bila berkeringat, diobati tapi tak kunjung sembuh hingga sangat mengganggu tidur. Gatal-gatal pada badan sering di sebabkan oleh infeksi jamur. Salah satu penyakit infeksi jamur pada badan yang sering adalah Tinea Imbrikata atau masyarakat di Papua lebih mengenalnya dengan sebutan Kaskado.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Populer

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53
DPRD Dogiyai Tunda Undang Eksekutif
suroso  Selasa, 5 April 2022 19:9
Plt. Sekda Pimpin Apel Pagi Di Satpol PP
suroso  Jumat, 1 April 2022 0:6
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan