Home Nabire Ada Dukungan Pemerintah, SMK Macida Siap Hadirkan Pabrik Herbal Pertama di Papua

Ada Dukungan Pemerintah, SMK Macida Siap Hadirkan Pabrik Herbal Pertama di Papua

suroso  Rabu, 10 Juli 2024 21:48 WIT
Ada Dukungan Pemerintah, SMK Macida Siap Hadirkan Pabrik Herbal Pertama di Papua

NABIRE - Kepala Sekolah SMK Kesehatan Macida Nabire Dr. Apt. Nur Alam Abdullah, S.Si.,M.Frrm Klin (K) menegaskan, jika ada dukungan dan uluran tangan dari Pemerintah Kabupaten Nabire dan Pemerintah Provinsi Papua Tengah, dirinya bersama para guru dan siswa/siswi siap membangun pabrik herbal pertama di tanah Papua.


Hal ini dikatakan Nur Alam, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan beberapa tahun silam dan ditemukan ada 97 persen  tanaman pohon, daun dan tali di hutan Papua bisa dikelola  menjadi obat herbal, namun semua ini harus dibuat dengan dukungan pemerintah, jika tidak semua obat herbal ini akan hilang diambil oleh orang lain di luar Papua dan di luar negeri dan dikelola menjadi obat herbal dan jual kepada kita kembali.


Untuk itu, selaku satu-satunya lulusan Doctor Ilmu Farmasi dari Universitas Indonesia (UI) pada tahun 2022 lalu, merupakan doctor farmasi pertama di tanah Papua ingin membagi dan memberikan ilmu kefarmasian bagi generasi Papua yang ada di SMK Kesehatan Macida Nabire, jika dirinya tidak diberikan kesempatan, maka Nur Alam siap dipanggil dan bertugas di Ibu Kota Negara (IKN) untuk membagikan ilmunya di sana.


Dikatakan Nur Alam Abdullah kepada Papuapos Nabire, Rabu (10/7/2024) di ruang kerjanya, untuk saat ini dirinya bersama guru dan siswa/siswi telah membuat Herbal Fresh Care Macida Nabire yang digunakan untuk kalangan sendiri.


Dan herbal fresh care yang dibuat secara manual ini dalam satu hari bisa memproduksi 30 botol, jika ada bantuan mesin dan pembangunan rumah produksi, bisa menghasilkan 1000 botol dalam waktu 30 menit.


Bukan itu saja, katanya, di SMK Macida Nabire juga bisa dibuat sabun, minyak gosok yang semuanya bahan baku utama dari hasil alam Papua.


Sehingga untuk membangun pabrik herbal pertama di tanah Papua, selaku kepala sekolah berkeinginan dan berharap adanya uluran tangan dari pemerintah kabupaten dan pemerintah provinsi Papua Tengah dalam pemenuhan fasilitas mesin dan rumah produksi untuk menjawab obat herbal lokal bagi masyarakat Papua.


Untuk itu, kepada seluruh masyarakat Kabupaten Nabire dan juga masyarakat Papua Tengah, jika ingin mendapatkan obat herbal berupa fresh care, minyak gosok, sabun dan juga parfum dan jenis obat lainnya, kami telah membuka penjualan dan bisa didapatkan pada apotik milik SMK Kesehatan Macida Nabire dan semua minyak ini terbuat dari bahan alam buah merah asal Papua.(des)

suroso  Rabu, 3 Juli 2024 2:43
Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kehadiran Guru Rendah
Penulis : Wiantri Viami Amin, S.Pd Tingkat kehadiran guru ke sekolah yang masih rendah merupakan salah satu permasalahan yang masih sering terjadi di Papua terkait mutu guru. Beberapa guru memiliki alasan jarak sekolah dengan kediaman yang jauh dan sepi merupakan salah satu alasan dari kurangnya kehadiran guru.
suroso  Senin, 27 Mei 2024 12:10
Kepala Sekolah Berperan Penting Dalam Penyaluran Bakat dan Minat Siswa
Penulis: Wiantri Viami Amin, S.Pd SEMUA siswa memiliki hak yang sama untuk mendapatkan akses yang dapat menyalurkan minat dan bakatnya. Sekolah dan orang tua harus memberikan dukungan penuh kepada siswa. SMA Muhammadiyah Nabire memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengikuti kegiatan yang membantu siswa menyalurkan bakat dan minatnya.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan