Home Nabire Kemendikbudristek Mengembalikan 58 Siswa/i Program Afirmasi Adem

Kemendikbudristek Mengembalikan 58 Siswa/i Program Afirmasi Adem

suroso  Selasa, 11 Juni 2024 21:24 WIT
Kemendikbudristek Mengembalikan 58 Siswa/i Program Afirmasi Adem

NABIRE - Bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire, Selasa (11/6/2024), Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI mengembalikan 58 siswa/siswi program Afirmasi Adem, sekolah menengah atau setingkat SMA/MA dan SMK kepada orangtua murid melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Tengah.


Pengembalian 58 siswa/siswi program afirmasi ini langsung diterima oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Tengah, Fredi Edowai, SE.,M.DP, didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire, Viktor Tebay, S.Sos.,MAP dan disaksikan sejumlah orangtua murid yang hadir.


Dalam sambutannya Fredi Edowai mengatakan, pada tiga tahun lalu kita masih berada di Provinsi Papua dan pada saat ini anak-anak telah kembali ke Provinsi Papua Tengah setelah 3 tahun lalu menimbah ilmu di luar pada 6 kota studi yang ada di Pulau Jawa dan saat ini telah kembali ke kampung halaman.


Untuk itu, selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Papua Tengah mau katakan, bahwa pendidikan di 8 kabupaten yang ada di wilayah Provinsi Papua Tengah menjadi hal yang sangat penting, karena sesuai dengan tema Papua, 'Manusia itu harus kenyang, sehat dan pintar', sehingga untuk menjawab kata cerdas pemerintah telah bekerjasama dengan sejumlah pihak termasuk perguruan tinggi untuk mendukung Sumber Daya Manusia (SDM) orang asli Papua.


Sehingga kepada 58 siswa/siswi yang baru saja menyelesaikan pendidikan pada program Afirmasi Adem dapat dipersilahkan untuk maju bersama teman–teman lain yang baru lulus sekolah SMA/MA dan SMK ke perguruan tinggi yang telah ada kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Papua Tengah.


Dengan demikian kemampuan dan bekal ilmu yang telah didapat selama 3 tahun di 6 kota studi, diharapkan untuk digunakan lagi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan kepada anak-anak. "Harus pandai–pandai membaca peluang yang ada agar kelak kalian menjadi pemimpin di daerah ini, karena anak-anak merupakan generasi emas di 100 tahun Indonesia Merdeka,” ajak Fredi.


Sementara itu, di tempat yang sama Staf Program Afirmasi Kemendikbudristek RI, Linda mengatakan, pengembalian ke58 siswa/siswi program afirmasi sekolah menengah, tentunya membawa kebahagian tersendiri bagi orangtua murid, tetapi juga bagi anak-anak. Karena selama 3 tahun lalu telah berpisah dari orang tua.


Untuk itu pada kesempatan ini selaku staf dari Kemendikbudristek proram afirmasi mau mengatakan, bahwa selama 3 tahun anak-anak kita berada di 6 kota studi yang ada di pulau Jawa, mereka tidak hanya belajar mencari ilmu, juga diberikan kesempatan mengenal dan belajar budaya–budaya yang ada di masing-masing kota studi.


Dan perlu diketahui pula, program Adem yang telah diikuti oleh 58 anak-anak yang ada di 8 kabupaten wilayah Provinsi Papua Tengah telah membuat anak-anak, bukan saja pintar, tetapi juga mereka mandiri, sehingga kepada 58 siswa/siswi program Afirmasi Adem jaga apa yang telah didapat selama pendidikan dan disarankan agar tetap semangat dan harus melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melali program Afirmasi Adik.(des)

suroso  Jumat, 14 Juni 2024 12:43
Upaya Kongkrit Menurunkan angka kesakitan akibat Malaria Menuju Eliminasi Malaria di Kabupaten Nabire 2030
Malaria merupakan penyakit menular yang berpotensi fatal dan banyak terjadi di daerah tropis dan subtropis. Setidaknya 270 juta orang di seluruh dunia menderita malaria, dan lebih dari 2 miliar orang, atau 42% populasi dunia, berisiko terkena malaria. WHO mencatat antara satu hingga dua juta orang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Anopheles.: Beberapa orang sering menderita penyakit malaria, dengan gejala khas berupa peningkatan suhu tubuh sementara disertai mual dan muntah. Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk Anopheles betina yang menunjukkan gejala khas. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO, 2020) tentang kasus malaria di seluruh dunia. Pada tahun 2019, terdapat sekitar 229 juta kasus infeksi malaria di 87 negara endemis malaria, dibandingkan dengan 238 juta kasus pada tahun 2000.
suroso  Senin, 27 Mei 2024 12:10
Kepala Sekolah Berperan Penting Dalam Penyaluran Bakat dan Minat Siswa
Penulis: Wiantri Viami Amin, S.Pd SEMUA siswa memiliki hak yang sama untuk mendapatkan akses yang dapat menyalurkan minat dan bakatnya. Sekolah dan orang tua harus memberikan dukungan penuh kepada siswa. SMA Muhammadiyah Nabire memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengikuti kegiatan yang membantu siswa menyalurkan bakat dan minatnya.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan