Home Nabire Dua Fungsi Kosgoro dalam Golkar

Dua Fungsi Kosgoro dalam Golkar

suroso  Rabu, 29 Mei 2024 23:4 WIT
Dua Fungsi Kosgoro dalam Golkar

NABIRE - Fungsi Kosgoro menurut Dr. H. Ahmad Doli Kurnia Tanjung, S.S.I.,M.T., sebagai Ketua Dewan Pakar PPK Kosgoro 1957, bukan hanya sekedar menopang kekuatan atau membina kegiatan yang ada di lingkungan Partai Golongan Karya (Golkar), tetapi ada dua fungsi di organisasi Kosgoro, seperti fungsi vertikal, sebuah hubungan aspiratif historis dengan partai  Golkar serta fungsi horizontal, membangun kerjasama dengan organisasi lain, yang bukan di dalam naungan Golkar.


Ahmad Doli menyampaikan, tidak ada partai selain Golkar yang memiliki banyak organisasi yang ada dibawah naungannya, seperti  Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI), Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kasgoro), Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR), Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), Kesatuan Perempuan Partai Golkar(KPPG), Satkar Ulama Indonesia, Al-Hidayah, Himpunan Wanita Karya, Majelis Dakwah Indonesia.


"Kalau bisa organisasi Kosgoro dijalankan dengan tepat, supaya bisa menjadi salah satu organisasi yang besar di Papua Tengah, Kosgoro juga memiliki sifat atau sikap organisasinya yang bisa membuka diri dengan organisasi yang lain dan bisa menjalankan tanggung jawabnya sebagai organisasi dibawah naungan partai politik," katanya.


Kata Ahmad Doli, inti dari Kosgoro adalah koperasi simpan pinjam gotong royong, sehingga apa yang dikembangkan oleh Kosgoro di Papua Tengah ini sangat baik, untuk mengembangkan ekonomi masyarakat.


"Kosgoro harus bisa membangun hubungan dengan masyarakat politik, masyarakat sosial, masyarakat ekonomi masyarakat budaya, masyarakat adat serta yang lainnya yang ada di Papua Tengah, sehingga Kosgoro ini akan menjadi salah satu organisasi yang besar kedepannya,"tandasnya.


Kosgoro 1957 mengkaderkan figur-figur muda untuk memimpin di masa depan demikian dikatakan Kristovel Mara, A, Md.,Tek, sebagai Ketua Kolektif Kosgoro 1957 Provinsi Papua Tengah yang terpilih di Aula Dinas Pekerjaan Umum, Selasa (28/05/2024).


"Masalah yang ada di Provinsi Papua Tengah saat ini, hilangnya figur muda yang bisa memimpin sebuah organisasi yang bisa dikaderkan dan menjadi pemimpin-pemimpin dimasa depan,"katanya.


Melalui Kosgoro 1957 ini, kata Kristovel, untuk bisa melahirkan pemimpin-pemimpin muda yang baru, dari delapan kabupaten yang ada di Papua Tengah ini.
"Anak muda saat ini harus kita bentuk, supaya bisa menjadi pemimpin-pemimpin yang baik di masa depan. Kalau tidak membentuk dari sekarang, Provinsi Papua Tengah akan kehilangan figur di masa depan," ujarnya.


Selain itu, menurut Kristovel, organisasi Kosgoro juga bergerak di bidang ekonomi yang bisa membentuk kreatifitas anak muda, khususnya yang ada di Provinsi Papua Tengah.


"Organisasi Kosgoro bergerak di bidang ekonomi, yang bisa meningkatkan kreatfitas anak muda yang ada di Papua Tengah ini, seperti Papeda Ikan Kuah Kuning Keliling (Pakuli) yang merupakan binaan dari Kosgoro," tuturnya.(amd)

suroso  Jumat, 14 Juni 2024 12:43
Upaya Kongkrit Menurunkan angka kesakitan akibat Malaria Menuju Eliminasi Malaria di Kabupaten Nabire 2030
Malaria merupakan penyakit menular yang berpotensi fatal dan banyak terjadi di daerah tropis dan subtropis. Setidaknya 270 juta orang di seluruh dunia menderita malaria, dan lebih dari 2 miliar orang, atau 42% populasi dunia, berisiko terkena malaria. WHO mencatat antara satu hingga dua juta orang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Anopheles.: Beberapa orang sering menderita penyakit malaria, dengan gejala khas berupa peningkatan suhu tubuh sementara disertai mual dan muntah. Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk Anopheles betina yang menunjukkan gejala khas. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO, 2020) tentang kasus malaria di seluruh dunia. Pada tahun 2019, terdapat sekitar 229 juta kasus infeksi malaria di 87 negara endemis malaria, dibandingkan dengan 238 juta kasus pada tahun 2000.
suroso  Senin, 27 Mei 2024 12:10
Kepala Sekolah Berperan Penting Dalam Penyaluran Bakat dan Minat Siswa
Penulis: Wiantri Viami Amin, S.Pd SEMUA siswa memiliki hak yang sama untuk mendapatkan akses yang dapat menyalurkan minat dan bakatnya. Sekolah dan orang tua harus memberikan dukungan penuh kepada siswa. SMA Muhammadiyah Nabire memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengikuti kegiatan yang membantu siswa menyalurkan bakat dan minatnya.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan