Home Nabire Jelang Lebaran, Dinas Pengawasan Pangan Asal Hewan

Jelang Lebaran, Dinas Pengawasan Pangan Asal Hewan

suroso  Rabu, 10 April 2024 21:39 WIT
Jelang Lebaran, Dinas Pengawasan Pangan Asal Hewan

NABIRE - Jelang Lebaran 1445 hijriah, 2024 masehi, Dinas Peternakan Kabupaten Nabire bersama Karantina Wilker Nabire dan Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (P2KP) Provinsi Papua Tengah melakukan Pengawasan Pangan Asal Hewan, bertempat di Pasar Sentral Kalibobo, Nabire, Papua Tengah.

Kepala Dinas P2KP Provinsi Papua Tengah, Frence The Papare, SIP.,MAP menyampaikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) bersama Pemkab Nabire bersinergi dalam kegiatan pengawasan terkait kestabilan harga menjelang hari raya, ketersediaan pasokan yang memang mengalami penurunan, sehingga perlu melakukan langkah-langkah kedepan salah, satunya dengan meningkatkan Kawin Suntik/IB (Inseminasi Buatan).

Frence menyebutkan, pengawasan pemotongan sapi betina produktif atau hewan sakit perlu diperketat, sehingga pembangunan rumah potong hewan sangat penting dalam memudahkan pengawasan pemotongan. Demikian juga sanitasi los daging atau lapak masih perlu diperhatikan higienis sanitasinya. 

"Akan melakukan penertiban atau diatur terhadap pedagang dan pemotongan sapi yang resmi dan maupun tidak resmi, supaya penjual yang ada di Pasar Kalibobo bisa cukup eksis dalam usaha mereka," tambahnya. 

Kepala Dinas Peternakan Nabire, Drh. I Dewa Ayu Dwita K.M menambahkan, kegiatan ini difokuskan pada pemeriksaan keamanan pangan terutama daging sapi, ayam dan telur.

Dengan melakukan pengawasan, diharapkan dapat memberikan jaminan keamanan pangan asal hewan kepada masyarakat Nabire. Dan hasil dari pemeriksaan organoleptik daging sapi dan ayam yang dijual di Pasar Kalibobo masih dalam kondisi baik dan layak jual.

Perwakilan pemotong resmi menyebutkan harga daging sapi bervariasi antara daging super yang berada dikisaran Rp170 ribu dan daging biasa berada diharga Rp160 ribu. Adapun jeroan berada diharga 150 ribu dan organ paru diharga 200 ribu.(amd)

suroso  Rabu, 15 Mei 2024 16:13
REKRUITMEN POLITIK DI TANAH PAPUA
Tentu kita semua ketahui bersama bahwa Rekruitmen Politik untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan pemilihan kepala daerah. Untuk Papua tentu harus mendasari dengan ketentuan Pasal 28 ayat 3 dan 4 UU No 21 tahun 2001 jo UU No 2 tahun 2021 untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah,Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan pemilihan kepala daerah.
suroso  Senin, 27 Mei 2024 12:10
Kepala Sekolah Berperan Penting Dalam Penyaluran Bakat dan Minat Siswa
Penulis: Wiantri Viami Amin, S.Pd SEMUA siswa memiliki hak yang sama untuk mendapatkan akses yang dapat menyalurkan minat dan bakatnya. Sekolah dan orang tua harus memberikan dukungan penuh kepada siswa. SMA Muhammadiyah Nabire memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengikuti kegiatan yang membantu siswa menyalurkan bakat dan minatnya.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan