Home Pemda Intan Jaya Pj Bupati Intan Jaya Beberkan Penyebab Harga BBM dan Sembako Naik

Pj Bupati Intan Jaya Beberkan Penyebab Harga BBM dan Sembako Naik

suroso  Rabu, 13 September 2023 9:32 WIT
Pj Bupati Intan Jaya Beberkan Penyebab Harga BBM dan Sembako Naik

SUGAPA - Berhubungan dengan naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Sembilan Bahan Pokok di Kabupaten Intan Jaya disebabkan karena beberapa maskapai pesawat yang biasannya melayani Penerbangan dari Nabire – Intan Jaya sedang dilakukan perawatan rutin (maintenance) dan juga ada maskapai yang sedang melakukan mengurus surat izin perpanjangan operasional. 

Hal ini menyebabkan hanya dua pesawat yang melayani penerbangan Nabire – Intan Jaya, yakni pesawat dari maskapai Smart Air dan Tariku.  Karena ketersediaan pesawat inilah yang menyebabkan maskapai menaikkan harga tiket penumpang reguler dari Nabire – Sugapa dan harga cargo tujuan Sugapa (Intan Jaya) dari Nabire.  

Hal ini juga yang menyebabkan harga BBM dan Sembako di Intan Jaya naik. Harga sembako dan BBM yang naik di Sugapa  murni dari pedagang karena beberapa alasan yang telah diutarakan di atas. 

“Pedagang menaikan harga sembako di Intan Jaya karena alasan mahalnya harga timbangan cargo.  Kemudian, untuk BBM juga demikian. Jadi kurangnya pesawat yang melayani penerbangan Nabire – Sugapa membuat  BBM dan harga sembako naik. Ini namanya siklus ekonomi. Kami pemerintah sudah mengutus perwakilan Pemda untuk mengecek ke maskapai pesawat dan kami sudah mendapat informasi seperti itu,” ungkap Pj Bupati Intan Jaya, melalui siaran pers pada 7 September 2023 di Sugapa, Intan Jaya, Papua Tengah. 

Pj Bupati Intan Jaya, Apolos Bagau ,ST berharap agar masyarakat dan juga pedagang di Intan Jaya bersabar karena harga BBM maupuan sembako yang sedang dinaikan tidak akan bertahan lama. 

“Setelah maskapai yang melakukan perbaikan dan melakukan perpanjangan jam terbang maka harga tiket dan cargo peswat akan normal  kembali dan harga barang juga akan normal kembali. Kami berharap agar siklus ekonomi ini bisa segera selesai  dan kami harap juga agar kita menjaga kedamaian dan keamanan di Inta Jaya. Tidak perlu kita melakukan hal-hal yang merugikan rakyat,” harap Pj Bupati.  

Terkait dengan kelangkaan BBM subsidi ini, perlu disampaikan bahwa semua ini berimbas dari belum normalnya  penerbangan Nbx-Sgp seperti biasanya. 

“Hal ini di sebakan oleh beberapa sebab yang sudah saya jelaskan di atas tadi.  Harapan kami agar kondisi ini segera kembali normal, sehingga harga barang 9 pokok pun bisa kembali normal begitupun BBM di Kota Sugapa,” ujar Pj Bupati.


Penyebab Harga Tiket Pesawat dan Timbangan Kargo Nabire – Sugapa Naik


Penjabat Bupati Kabupaten Intan Jaya Apolos Bagau, ST mengungkapkan sejumlah hal yang menyebabkan naiknya harga tiket penumpang dan harga timbangan cargo beberapa waktu belakangan ini. Terutama harga tiket pesawat dari Nabire – Sugapa, harga timbangan cargo dari Nabire – Sugapa serta harga BBM dan Sembako. 

Pj Bupati mengajak semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat memahami kondisi yang ada. Karena kondisi yang terjadi bukan karena faktor kesengajaan, namun karena hal-hal teknis yang membuat kondisi ini terjadi. 

“Saya mengajak kita semua baik pemerintah sendiri maupun masyarakat Intanjaya agar kita bersama -sama memahami betul kondisi situasional yang terjadi beberapa waktu terakhir ini di Sugapa, terkhusus soal melonjaknya harga tiket Nabire Sugapa maupun Sugapa Nabire,” jelas Pj Bupati pada 7 September 2023.

Pj Bupati Intan Jaya menjelaskan, pemerintah tidak tinggal diam dengan kondisi ini, namun pemerintah telah berupaya untuk mencari tahu penyebabnya. 

“Kami pemerintah tidak tinggal diam dan masa bodoh dengan keadaan ini. Saya sudah memerintahkan Asisten I dan II untuk cek secara langsung ke maskapai-maskapai penerbangan yang selama ini melayani rute Nabire Sugapa terkait kondisi ini.” 

Lanjut Pj Bupati, informasi yang pemerintah terima melalui Asisten I dan II bertemu dengan sejumlah maskapai penerbangan yang selama ini melayani Nabire – Sugapa. 

“Maka itu, kami menyampaikan kepada  seluruh para konsumen pengguna jasa transportasi Nbx-Sgp , bahwa kondisi ini hanya berlaku temporer, yang artinya tidak bertahan dalam kurun waktu lama. Hal ini terjadi di karenakan bahwa ketersediaan armada yang selama ini beroperasi melayani 9 bahan pokok dan masyarakat Kabupaten Intanjaya sedang menjalani proses maintenance (pemeliharaan atau service),” jelas Pj Bupati. 

Pj Bupati melanjutkan, setelah dicek dan memastikan penyebab ke beberapa pihak maskapai di Nabire, pemerintah mendapat sejumlah hal yang menjadi penyebab. 

“Bahwa Pesawat Ikaros telah masuk ke Hangar Pesawat untuk dilakukan perawatan rutin (maintenance). Sementara, dua pesawat yang juga melayani rute Nabire – Sugapa sedang dilakukan perawatan, serta sedang mengurus perpanjangan izin terbang ke kementerian terkait,” ungkap Pj Bupati.  

Untuk itu, lanjut Pj Bupati, naiknya harga timbangan cargo pun disertai dengan naiknya Asuransi penerbangan. Dan itu bukan pihak maskapai di Nabire yang menaikan harga timbangan, tetapi langsung dari pusat dengan mempertimbangkan tingkat keamanan pesawat saat beroperasi di wilayah pedalaman Papua Tengah.

“Kami Pemda Intanjaya, terkhusus saya Pj. Bupati menyampaikan kepada seluruh masyarakat agar kita dapat menahan diri dan tidak muda terprovokasi dengan kondisional situasional yang terjadi saat ini. Kami Pemda sedang dan telah melakukan upaya-upaya kongkrit dengan berkoordinasi di Pemprov Papua Tengah serta pihak armada peyedia jasa penerbangan di Nabire,” harap Pj bupati kepada masyarakat.

Lebih lanjut dikatakan, terkait dengan mahalnya harga tiket dan timbangan Pesawat Tariku, setelah dicek, ternyata Pesawat ini memang tidak beroperasi di wilayah Intan Jaya. 

“Saat ini Tariku melayani carteran mengatasi beberapa persoalan di atas dengan tidak beroperasinya sejumlah maskapai yang selama ini sedang tidak terbang dari Nabire ke Sugapa dengan alasan-alasan yang telah saya sampaikan di awal. Ini merupakan upaya dari para agen pesawat di Nabire yang menarik maskapau Tariku untuk membantu operasi melayani penerbangan 9 bahan pokok dan penumpang Nbx-Sgp. Sehingga kami minta agar kita semua dapat bersabar untuk beberapa saat ini, kami Pemda sedang dan tetap menyelesaikan kondisional ini,” jelas Pj Bupati. (PPN/Humas Setda Kabupaten Intan Jaya)


suroso  Jumat, 14 Juni 2024 12:43
Upaya Kongkrit Menurunkan angka kesakitan akibat Malaria Menuju Eliminasi Malaria di Kabupaten Nabire 2030
Malaria merupakan penyakit menular yang berpotensi fatal dan banyak terjadi di daerah tropis dan subtropis. Setidaknya 270 juta orang di seluruh dunia menderita malaria, dan lebih dari 2 miliar orang, atau 42% populasi dunia, berisiko terkena malaria. WHO mencatat antara satu hingga dua juta orang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Anopheles.: Beberapa orang sering menderita penyakit malaria, dengan gejala khas berupa peningkatan suhu tubuh sementara disertai mual dan muntah. Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk Anopheles betina yang menunjukkan gejala khas. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO, 2020) tentang kasus malaria di seluruh dunia. Pada tahun 2019, terdapat sekitar 229 juta kasus infeksi malaria di 87 negara endemis malaria, dibandingkan dengan 238 juta kasus pada tahun 2000.
suroso  Senin, 27 Mei 2024 12:10
Kepala Sekolah Berperan Penting Dalam Penyaluran Bakat dan Minat Siswa
Penulis: Wiantri Viami Amin, S.Pd SEMUA siswa memiliki hak yang sama untuk mendapatkan akses yang dapat menyalurkan minat dan bakatnya. Sekolah dan orang tua harus memberikan dukungan penuh kepada siswa. SMA Muhammadiyah Nabire memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengikuti kegiatan yang membantu siswa menyalurkan bakat dan minatnya.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan