Home Papua Barat Pendapatan Pemprov Papua Barat meningkat Rp806 miliar

Pendapatan Pemprov Papua Barat meningkat Rp806 miliar

suroso  Kamis, 29 September 2022 13:23 WIT
Pendapatan Pemprov Papua Barat meningkat Rp806 miliar

MANOKWARI - Pendapatan Pemerintah Provinsi Papua Barat mengalami peningkatan sebesar Rp806 miliar, sehingga secara keseluruhan total pendapatan dalam APBD Perubahan 2022 mencapai Rp7,1 triliun,  mengalami kenaikan dari sebelumnya yang ditetapkan sebesar Rp6,3 triliun dalam APBD Induk 2022.

Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw saat rapat penetapan APBD Perubahan 2022 bersama DPRD setempat di Manokwari, Rabu, menjelaskan bahwa peningkatan pendapatan Pemprov Papua Barat disokong oleh komponen Pendapatan Asli Daerah yang mengalami peningkatan sebesar Rp106 miliar serta Dana Transfer dari Pusat yang meningkat Rp700 miliar. 

Dengan meningkatnya pendapatan Pemprov Papua Barat berimplikasi pada meningkatnya belanja daerah.

Sebelumnya total belanja Pemprov Papua Barat dianggarkan sebesar Rp6,7 triliun. Dalam APBD Perubahan 2022 mengalami kenaikan sebesar Rp1,4 triliun sehingga totalnya menjadi Rp8,2 triliun.

"Peningkatan belanja daerah diantaranya disebabkan karena penambahan dana tidak terduga sebesar Rp20 miliar untuk penanganan inflasi di daerah," jelas Waterpauw. 

Mantan Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP itu menyebut ada beberapa agenda penting yang harus mendapat perhatian khusus, diantaranya penyediaan anggaran dana transfer umum untuk bantuan sosial bagi masyarakat terdampak serta penanganan kasus kekerdilan (stunting) . 

"Beberapa kebijakan nasional yang perlu mendapat perhatian khusus kita bersama antara lain kebijakan penanganan stunting dan kebijakan perlindungan sosial dalam rangka mendukung penanganan dampak inflasi," jelasnya.

Waterpauw mengakui masih banyak hal yang perlu dikerjakan dan dibenahi oleh Pemprov Papua Barat, khusunya masih terbatasnya sumber daya manusia dalam peningkatan kinerja.

Meski begitu, Waterpauw menegaskan bahwa sesulit apapun keadaanya, namun jika semua pihak selalu bersatu dan bahu membahu menangani berbagai permasalahan yang ada, maka akan berdampak pada kemajuan dan kesejahteraan rakyat Papua Barat. (ANTARA)

suroso  Selasa, 30 Agustus 2022 23:28
Papua Dalam Permainan Sio (Persio) Penuh Korban
*) Oleh : Anton Agapa (TOA)
suroso  Selasa, 24 Januari 2023 20:3
Saatnya Orang Papua Jaga Alam dan Lestarikan Budaya
SAATNYA kita! Orang Asli Papua (OAP) hentikan kerusakan alam yang sebagai pelindung kehidupan dan lestarikan budaya menurut pikiran Alam Orang Papua. Karena Alam dan budaya adalah manusia yang selalu memberi stamina tubuh manusiaagar tetap mempertahankan budaya nafas kehidupan kita diatas alamnya itu sendiri, di Papua.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Populer

Aksi Damai Tolak Pj Gubernur Papua Tengah
suroso  Selasa, 8 Nopember 2022 23:46
Bupati Imbau Sitkamtibmas Kondusif Jelang Nataru
suroso  Kamis, 17 Nopember 2022 0:6
Mahasiswa PGSD Kelas Jauh Apresiasi Pemda Deiyai
suroso  Selasa, 8 Nopember 2022 23:27
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan