Home Papua Tengah Sektor Perikanan Bisa Menjadi Income Besar Pendapatan Daerah Paniai

Sektor Perikanan Bisa Menjadi Income Besar Pendapatan Daerah Paniai

suroso  Kamis, 18 Agustus 2022 9:16 WIT
Sektor Perikanan Bisa Menjadi Income Besar Pendapatan Daerah Paniai

PANIAI – Panen raya ikan air tawar dilakukan dibawah pimpinan Bupati Paniai, Meky Nawipa, didampingi Sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Papua, Charles Matuan, tanggal 13 Agustus 2022 di Aikai, Enarotali, telah berhasil panen 1 ton lebih ikan air tawar.

Hasil panen raya ikan air tawar sebanyak 1 ton, telah terjual habis dengan harga sekilo Rp. 50.000. Sebanyak 100 kilo lebih ikan telah kirim ke kabupaten tetangga yaitu di Kabupaten Puncak Jaya dan Intan Jaya.  

Hasil pemeliharaan ikan air tawar melalui Balai Benih Ikan (BBI) Paniai, akan dapat memajukan sektor perikanan di Paniai. Karena hasil yang diperoleh melalui hasil panen dan hasil dari bibit ikan cukup memuaskan. Hal ini bisa mendatangkan pendapatan daerah. Sehingga kedepan akan bisa menjadi salah satu sektor untuk bisa datangkan pendapatan daerah di Paniai. 

“Sesuai dengan impian dan harapan, selain Paniai sebagai daerah penyuplai ikan terbesar di Provinsi Papua Tengah, melalui sektor perikanan ini, akan dapat mendatang pendapatan daerah di Paniai melalui usaha budidaya ikan air tawar,” kata Bupati Paniai, Meky Nawipa. 

Oleh sebab itu, pemerintah daerah melalui dinas perikanan telah menaruh perhatian serius untuk lebih meningkatkan dan memajukan sektor perikanan di Paniai. Melalui berbagai bentuk perhatian lewat dinas perikanan sendiri sebagai dinas teknis.

“Kolam-kolam ikan yang digarap pemerintah daerah Paniai melaui dinas perikanan, khususnya lewat balai BBI, menjadi suatu percontohan bagi masyarakat Paniai. Agar para warga juga dapat menaruh perhatian serius mengembangkan dan berusaha membudidayakan ikan air tawar, lewat usaha  budidaya ikan secara kelompok maupun usaha budidaya ikan secara pribadi warga,” katanya. 

Lanjutnya, pengembangan pembanguan di sektor perikana di Paniai tidak ragu lagi untuk dikembangkannya.  Karena potensi pertanian yang sangat potensial daerah Paniai dalah ikan. Sehingga sangat tidak ragu, sudah ada potensinya, sebagai bukti, ada Danau Paniai.  

Lanjut bupati, kedepan pemerintah Paniai akan lebih serius mengembangkan sektor perikanan. Khususnya pemeliharaan dan pelestarian ikan air tawar di daerah Paniai, melalui Balai Ikan.  

“Kedepan kami akan berupaya lebih meningkatkan dan mempertahankan sebagai salah satu sektor pembangunan yang bisa mendatangkan pendapatan asli daerah, khususnya di sektor perikanan di Paniai. Karena hal ini kalau tidak pikirkan dari sekarang maka kapan lagi kami mau pikirkan dan juga bukan kami tidak menaruh perhatian, harapkan siapa lagi untuk dapat kembangkan di sektor perikanan di Paniai sebagai salah satu sektor yang bisa datangkan pendapatan daerah. Kami pemerintah daerah akan lebih pacu dalam meningkatkan perhatian terhadap sektor perikanan maupun dalam sektor–sektor pertanian lainnya,” kata Bupati Paniai. (hbb)  


suroso  Selasa, 30 Agustus 2022 23:28
Papua Dalam Permainan Sio (Persio) Penuh Korban
*) Oleh : Anton Agapa (TOA)
suroso  Selasa, 4 Oktober 2022 0:21
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star
Penulis Christina Meylani Selina Rumpaidus

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan