Home Papua Tengah Bupati Paniai Panen Raya Ikan di Aikai

Bupati Paniai Panen Raya Ikan di Aikai

suroso  Kamis, 18 Agustus 2022 8:47 WIT
Bupati Paniai Panen Raya Ikan di Aikai

PANIAI – Pemerintah Kabupaten Paniai melalui Balai Benih Ikan (BBI) yang bernaung di bawah Dinas Perikanan Paniai, telah berhasil menghasilkan ikan air tawar diantaranya ikan lele, ikan mujair, dan ikan mas, dengan bibitnya. 

Hasil pemeliharaan ikan melalui BBI, dilakukan penan raya ikan dipimpinan Bupati Paniai, Meky Nawipa, didampingi Kadis Perikanan, Sekreatris Dinas Perikanan, bersama para pimpinan OPD serta undangan lainnya. Panen ikan berlangsung Sabtu (13/8/22) di Aikai, Kabupaten Paniai. 

Agenda panen raya ikan berthemakan “Melalui sektor perikanan kita wujudkan ketahanan pangan yang mandiri menuju masyarakat Paniai yang sejahtera.” Hasil panen raya, sebagian ikan disisikan untuk kupon berhadiah dorprice dijual dengan harga Rp 50.000 per kilo, dan bibitnya akan dibagikan kepada petani ikan berjumlah 232 kelompok tani ikan yang ada di wilayah Kabupaten Paniai.

Panen raya yang dilakukan selain dalam rangka mengambil bibit ikan untuk membantu 232 usaha kelompok budidaya ikan yang tersebar di wilayah paniai, juga menjual ikan besar sebagai pendapatan daerah dan juga bagian dari memeriahkan HUT ke-77 RI.

Bupati Meky Nawipa sebelum panen raya ikan, mengatakan, pemerintah daerah Paniai melalui Dinas Perikanan Paniai terlebih khusus BBI, telah berupaya memelihara ikan air tawar. Sehingga pada hari ini, berhasil melakukan penan raya ikan air tawar di Aikai.

Dengan melakukan panen raya ikan air tawar ini, bisa menunjukan bahwa Pemda Paniai juga mampu yang menghasil ikan air tawar. Dalam rangka mempertahankan kebutuhan pangan bagi masyarakat di wilayah Paniai, Meepago dan Pegunungan Papua.  

“Bukan karena adanya Danau Paniai sehingga Paniai mampu dalam  menghasilkan ikan air tawar. Tetapi selain itu,  kita juga mampu mengembangkan dan menghasilkan ikan air tawar dalam jumlah yang banyak melalui pemeriharaan kolam–kolam ikan di darat,” katanya.

Lanjut Bupati Paniai, pemerintah Paniai mempunyai impian dan harapan besar kedepan dalam  mempertahankan kebutuhan pangan bagi masyarakat. Sehingga masyarakat Paniai tidak perlu mencari ikan air tawar jauh-jauh dari Paniai. Tetapi warga Paniai akan mencari dan memperoleh ikan dekat   dan akan banyak orang yang datang membeli ikan air tawar di Paniai.

Lanjutnya, sejumlah kolam ikan yang digarap, dirawat, dipemilihara oleh pemerintah daerah Paniai melalui BBI, menjadi kolam percontohan untuk masyarakat tani ikan lainnya.  Sehingga warga juga mampu mengembangkan usaha budidaya ikan melalui kolam-kolam ikan.  Karena menurutnya, melalui usaha budidaya ikan juga mempu menghasilkan ikan cukup untuk memperoleh pendapatan daerah dan juga warga Paniai. 

Dia juga mengakui, pemerintah daerah Paniai selalu serius dalam pemeliharaan ikan di kolam–kolam yang digarap melalui BBI Paniai. Dan hasilnya pun cukup memuaskan pemerintah daerah karena hasil panen maupun bibit ikannya selalu membantu masyarakat petani ikan yang ada di Paniai. (hbb)  


suroso  Selasa, 30 Agustus 2022 23:28
Papua Dalam Permainan Sio (Persio) Penuh Korban
*) Oleh : Anton Agapa (TOA)
suroso  Selasa, 4 Oktober 2022 0:21
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star
Penulis Christina Meylani Selina Rumpaidus

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan