Home Papua Tengah Permohonan Sambung Listrik Keliling Danau Tigi, Diajukan ke PLN

Permohonan Sambung Listrik Keliling Danau Tigi, Diajukan ke PLN

suroso  Rabu, 24 Nopember 2021 1:27 WIT
Permohonan Sambung Listrik Keliling Danau Tigi, Diajukan ke PLN

DEIYAI – Salah seorang tokoh pemuda Deiyai yang juga Ketua Komunitas Peduli Masyarakat dan Alam Deiyai (KPMAD), Domin Badii, ST, mengajukan surat permohonan pemasangan dan penyambungan listrik keliling Danau Tigi, Kabupaten Deiyai. Permohonan disampaikan kepada pimpinan PLN Rayon, Paniai, Deiyai, Dogiyai, di kantor PLN, Madi, Paniai, Kamis (18/11/21). Surat permohonan pemasangan listrik tersebut diterima Manajer PLN Rayon Paniai, Deiyai, Dogiyai, Martinus Peday, bertempat di Madi.

Dikatakan Domin Badii, rencana pemerintah daerah akan ada mesin diesel listrik di Deiyai. Dengan mesin diesel itu, akan melayani kabupaten tetangga seperti Paniai dan Dogiyai yang akan menyala 24 jam.  Sehingga para petugas mulai memasang tiang listrik dan kabel di wilayah Paniai dan Dogiyai, sedangkan di Deiyai belum.  Padahal Kabupaten Deiyai akan dijadikan pusat penempatan mesin diesel listrik untuk tiga Kabuapaten tersebut. Tetapi dalam penyelesaian pemasangan tiang listrik dan kabel di wilayah belum sama sekali, terutama di wilayah Tigi Barat, selatan, utara, lingkar Danau Tigi. 

Oleh karena itu, dirinya atas nama tokoh pemuda Deiyai mengajukan permohonan kepada PLN Rayon Paniai, Dogiyai, Deiyai di Madi, Paniai, untuk mengingatkan dan mendesak PLN untuk selesaikan pemasangan kabel dan tiang listrik di wilayah Kabupaten Deiyai. Khususnya di wilayah Tigi Barat, utara, selatan lingkar Danau Tigi.

“Kami ajukan surat permohonan kepada manajer PLN wilayah Paniai, Deiyai dan Dogiyai. Kami mendesak agar di bawah bulan Desember, lampu listrik di wilayah Kabupaten Deiyai, khususnya di wilayah utara, selatan dan juga wilayah barat Tigi, juga dapat nikmati lampu listrik. Seperti warga lain di Deiyai,“ tegasnya.

Sementara itu, Manajer PT. PLN Sub Rayon Paniai, Dogiyai dan Deiyai, Martinus Peday, menyampaikan, dirinya selaku pimpinan rayon PLN,  memberikan apresiasi kepada kaum muda yang berniat baik untuk pembangunan di daerah.  Pada prinsipnya, PLN ingin supaya semua warga masyarakat di kawasan Paniai, Dogiyai dan Deiyai, dapat merasakan pembangunan, terlebih khusus penerangan listrik ini.  

“Kami selama ini mau jalankan pemasangan tiang listrik dan kabel listrik,  untuk jalankan aliran listrik. Tetapi karena beberapa kendala, terutama kurangnya komunikasi kami dengan pemerintah daerah, sehingga masih belum dilanjutkan pemasangan tiang listrik dan kabel listrik di wilayah Deiyai. Khususnya wilayah yang belum tanam tiang dan pasang kabel listrik di bagian utara, barat, dan selatan Deiyai. Mash menunggu lebih lanjut,” katanya.

Lanjutnya, dengan berdasarkan aspirasi dari tokoh pemuda ini, untuk Kabupaten Deiyai akan diupayakan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah. Dan untuk selesaikan wilayah yang belum ada pemasangan listrik, khususnya keliling Danau Tigi. Itupun setelah pihaknya koordinasi dengan UPTD PLN wilayah Nabire dan pemerintah daerah Deiyai.   

“Kami akan upayakan segera kami akan sambungkan dalam waktu dekat, mulai dari bagian Okomokebo sampai di Gakokebo, sepanjang jalan trans dan Waghete sampai Bomou, dan akan lanjutkan lagi di wilayah Tigi Barat,” katannya. (hbb) 


suroso  Senin, 27 Juni 2022 0:2
Tindakan Kepolisian : SAKSI DIDUGA DIJADIKAN TERSANGKA TANPA CUKUP ALAT BUKTI (Studi Kasus Pengeroyokan, salah penanganan).
Dalam penegakan hukum positif di Indonesia terhadap berbagai kasus yang terjadi dari segi penanganan kasus tidak mengedepankan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 01 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan Dalam Tindakan Kepolisian dan Standar Operasional Prosedur (SOP) baku yang berlaku dalam tubuh Kepolisian Republik Indonesia.
suroso  Senin, 7 Februari 2022 0:41
Apa Itu Tinea Imbrikata atau Kaskado ?
Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menemui orang-orang atau bahkan diri kita sendiri yang pernah mengeluhkan gatal-gatal terutama di badan. Tetapi dapat juga terjadi pada leher,tangan, kaki ataupun di tempat lainnya. Keluhan gatal tersebut berlangsung lama, berulang, makin gatal bila berkeringat, diobati tapi tak kunjung sembuh hingga sangat mengganggu tidur. Gatal-gatal pada badan sering di sebabkan oleh infeksi jamur. Salah satu penyakit infeksi jamur pada badan yang sering adalah Tinea Imbrikata atau masyarakat di Papua lebih mengenalnya dengan sebutan Kaskado.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan