Home Pemda Intan Jaya Pentahbisan 3 Imam, Kota Sugapa Aman

Pentahbisan 3 Imam, Kota Sugapa Aman

suroso  Senin, 18 Oktober 2021 11:30 WIT
Pentahbisan 3 Imam, Kota Sugapa Aman

SUGAPA – Pentahbisan tiga diakon baru Gereja Katolik menjadi Imam yakni Fransiskus Sondegau, Yosef Bunai, dan Yeskiel Belau, oleh Sekertaris Jendral (Sekjen) Konfrensi Wali Gereja Indonesia (KWI) Uskup Antonius Subianto Bunjamin OSC dari Keuskupan Bandung, Selasa (12/10/21). Acara berjalan damai, dan Sitkamtibmas di Kota Sugapa, aman dan kondusif.

Hal itu dibenarkan Kapolres Intan Jaya, AKBP Sandi Sultan, Selasa (12/10/21) siang.

“Sementara ini damai tetap kita jaga TNI /Polri menjaga keamanan saat masyarakat beraktifitas. Kemudian untuk pengamanan kegiatan pentahbisan ini TNI /Polri terlibat juga semuanya dan masyarakat juga ikut membantu dalam hal mendukung kegiatan keamanan,” tuturnya.

Sementara itu jumlah kekuatan yang diturunkan untuk kegiatan pentahbisan sampai dengan tanggal 17 Oktober 2021, yang dihelat pada tanggal 12 Oktober 2021. Namun pengamanan sudah dimulai sejak tanggal 9 Oktober 2021 lalu yakni saat penjemputan pastor bersama beberapa tokoh agama.  Dengan jumlah kekuatan TNI/Polri yang terlibat sebanyak 168 personel difokuskan di wilayah seputaran Kota Sugapa.

“Karena di wilayah lain sudah ada rekan–rekan kita semuanya untuk kegiatan–kegiatan rutinitas, daripada tugas masing-masing,” jelasnya.

Lebih jauh dijelaskannya, puncak kegiatan intinya akan berlangsung tanggal 12 Oktober 2021. Sedangkan di tanggal 13 Oktober 2021 akan digelar Pesta Bakar Baru. Serangkaian kegiatannya dilaksanakan sampai dengan tanggal 17 Oktober 2021.


Jangan Terpengaruh Isu


Disisi lain menjawab pertanyaan redaksi terkait situasi di Intan Jaya sebelum acara Pentahbisan sempat ada isu salah seorang warga hilang di Sugapa.

Untuk itu Kapolres Sandi menghimbau kepada masyarakat agar jangan panik,jangan terpengaruh. Tetap TNI/Polri akan bertanggung jawab terkait keamanan di Kabupaten Intan Jaya supaya tetap berlangsung keamanan ini.

Sebab  dari bulan Februari sampai saat ini sudah sangat kondusif dan situasi ini akan dipertahankan bersama–sama.

“Harapan saya juga para para tokoh agama,tokoh adat,kepala suku,kepala Distrik, TNI/Polri, pemangku daerah ikut bersama–sama saling menjaga daripada keamanan di Kabupaten Intan Jaya,” tuturnya.

Lanjutnya, ada hal–hal yang seperti itu serahkan kepada Aparat Kepolisian. “Kami ada prosedur hukum dan aturan yang diberlakukan oleh TNI dan Polri tidak ada yang lepas daripada hukum dan kebal daripada hukum,” tegasnya.

Jadi jika memang awalnya ada kesalahan atau kekeliruan dari pada pihak keamanan. Kapolres berharap agar masyarakat tidak terpengaruh, tidak perlu panik, tidak mendengarkan hal–hal yang lain. Tetapi tetap bekerja dengan baik di Intan Jaya, apalagi mendengarkan isu–isu yang tidak benar di media. 

“Kita fokus saja pada daerah kita yang saat ini sudah damai,”pungkasnya. (ist)

suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
*) Oleh Agustinus KegiyePada Jumat 3 September 2021, saya bersama 24 Guru sempat berdialog tentang Dogiyai Bahagia. Diskusi kami tentang mak

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan