Home Papua Tengah BK DPRD Dogiyai Tanggapi Masalah Anggota Sesuai Mekanisme

BK DPRD Dogiyai Tanggapi Masalah Anggota Sesuai Mekanisme

suroso  Senin, 31 Oktober 2022 7:27 WIT
BK DPRD Dogiyai Tanggapi Masalah Anggota Sesuai Mekanisme

NABIRE – Badan Kehormatan (BK) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dogiyai menanggapi masalah setiap anggota dewan sesuai mekamisme penanganan masalah oleh BK. Masalah yang dapat diselesaikan secara pribadi dan keluarga diselesaikan anggota legislatif itu sendiri.

Ketua Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Dogiyai, Yusak Ernest Tebay di Nabire, Kamis (27/10) mengatakan tahapan penyelesaian masalah oleh BK yakni menerima laporan pengaduan dari masyarakat (pengadu), tahap berikut menanyakan siapa dan bukti lalu memastikan penjelasan saksi. Tahap selanjutnya memanggil anggota yang dilaporkan. Tahap terakhir yakni mempertemukan pelapor, sakti dan terlapor (anggota legislatif yang diadukan) lalu BK menimpulkan masalah dan menetapkan.

Yusak Tebay mengaku selama ini masalah dari anggota dewan di Dogiyai bisa diselesaikan sendiri sehingga BK tidak terlibat dan masalahnya diselesaikan secara pribadi.

Tebay juga mengungkap syarat untuk dinonkatifkannya seorang anggota dewan. Pertama, yang bersangkutan meninggal dunia. Kedua, mengundurkan diri dan ketiga tidak melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai anggota dewan.

Menyinggung posisi Ketua DPRD Dogiyai, Elias Anou, BK menyebut pengunduran diri Elias Anou dari jabatan Ketua DPRD, sudah ada Surat Pernyataan dengan tandatangan di atas meterai Rp 10.000. Salah satu syarat yakni mengundurkan diri. Elias dengan sendirinya mengundurkan diri dari jabatan Ketua DPRD dengan surat pernyataan diatas meterai Rp 10.000.

Yusak mengatakan, masalah internal anggota diselesaikan sendiri. BK bersama anggota dewan lainnya menyampaikan mosi tidak percaya kepada pimpinan dewan dan menjalankan hak interpelasi kepada Bupati setahun lalu karena lembaga DPRD Dogiyai ibarat berjalam timpang, jalan sendiri-sendiri. Tahapan hak interpelasi tersebut sudah berlalu. DPRD mengajukan hak interpelasia agar hubungan antara eksekutif dan legislatif tidak berjalan timpang tetapi masing-masing pihak ada koordinasi dan komunikasi yang baik. (ans)


suroso  Rabu, 15 Mei 2024 16:13
REKRUITMEN POLITIK DI TANAH PAPUA
Tentu kita semua ketahui bersama bahwa Rekruitmen Politik untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan pemilihan kepala daerah. Untuk Papua tentu harus mendasari dengan ketentuan Pasal 28 ayat 3 dan 4 UU No 21 tahun 2001 jo UU No 2 tahun 2021 untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah,Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan pemilihan kepala daerah.
suroso  Senin, 27 Mei 2024 12:10
Kepala Sekolah Berperan Penting Dalam Penyaluran Bakat dan Minat Siswa
Penulis: Wiantri Viami Amin, S.Pd SEMUA siswa memiliki hak yang sama untuk mendapatkan akses yang dapat menyalurkan minat dan bakatnya. Sekolah dan orang tua harus memberikan dukungan penuh kepada siswa. SMA Muhammadiyah Nabire memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengikuti kegiatan yang membantu siswa menyalurkan bakat dan minatnya.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan