Home Pemda Dogiyai Kadistrik Suksel Gelar Rakor Musrenbang RPJM Kampung 2022-2027

Kadistrik Suksel Gelar Rakor Musrenbang RPJM Kampung 2022-2027

suroso  Kamis, 2 Desember 2021 23:48 WIT
Kadistrik Suksel Gelar Rakor Musrenbang RPJM Kampung 2022-2027

DOGIYAI – Kepala Distrik (Kadistrik) Sukikai Selatan, Kabupaten Dogiyai, Kristianus Tagi, S.IP, bersama koordinator pendamping distrik, David Iyai, serta empat Kepala Kampung (Kakam) bersama masyarakat empat kampung, yakni Kampung Unito, Sukikai, Wigoumakida dan Iyaro gelar rapat koordinasi tentang pelaksanaan Musrenbang RPJM kampung 2022-2027. Rakor digelar di Kampung Unito, Selasa (16/11/21) lalu. 

Demikian disampaikan Kadistrik Suksel, Kristianus Tagi, S.IP pada hari Senin (22/11/21) di kediamannya di Nabire.

Dikatakan Kristianus Tagi, pihaknya bersama koordinator pendamping distrik diawali dengan mengecek empat Kakam, aparat kampung, Bamuskam serta masyarakat empat kampong.

Dalam arahannya Kadistrik Suksel, menjelaskan kepada masyarakat menyampaikan pengusungan program kerja kampung atau RPJM kampung yang dulu dan sekarang itu berbeda. Dulu dari pendamping distrik yang menanangi, tapi sekarang pendamping bersama Kadistrik langsung turun ke masyarakat memberikan penjelasan sekaligus pengkajian data program pembangunan kampung, dusun dan RT.

Kadistrik bersama pendamping distrik telah mengumpulkan empat Kakam dan masyarakat empat kampung di tempat ini dalam rangka mengkaji atau mendata program pembangunan mulai dari kampung, dusun serta RT. Apa yang dibutuhkan dan diperlukan oleh masyarakat masing-masing kampung, dusun dan RT, itulah yang dimasukan dan dilaporkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing kampung, dusun serta RT.  Karena nantinya apa yang dilaporkan masyarakat itulah yang pendamping masukan dan masyarakat tinggal melaksanakan begitu ketika pembangunan kampung datang.

“Kami tugas input dan pengawasan program pembangunan kampung jangka mengenah selama tujuh tahun mulai dari kampung, dusun dan RT. Begitu ketika pemerintah kasih dana sesuai dengan usulan program masyarakat sendiri disitulah akan jelas nantinya kampung, dusun dan RT akan membangun. Begitu dana datang hanya untuk makan uang saja, kampung, dusun dan RT disitulah akan jelas. Maka yang tidak akan kerja membangun kampung sendiri kami pihak pemerintah dalam hal distrik dan pendamping distrik kasih coret nama kampung, dusun dan RT,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, selama tujuh tahun selanjutnya itu, pembangungan kampung, dusun dan RT maju atau tidak itu ada di tangan masyarakat di kampung itu sendiri, bukan lagi di pemerintah. Karena pemerintah dalam hal ini pemerintah distrik dan pendamping hanya melakukan pengawasan pembangunan kampung, dusun dan RT yang dilaksanakan oleh masyarakat sendiri. Pemerintah kasih dana nantinya itu digunakan dengan baik dan benar. Agar pembangunan kampung yang akan dikerjakan nantinya bisa maju dan dapat dinikmati oleh masyarakat di kampung itu sendiri.  

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Distrik, David Iyai menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kadistrik Suksel bersama masyarakat yang mana mempersatukan kita bersama dalam rangka rapat koordinasi tentang pelaksanaan Musrenbang RPJM Kampung 2022-2027. Kata dia, selama enam tahun punya program yang kita susun atau masukan dalam blangko ini hingga masyarakat, empat kampung berpikir yang baik dan benar apa yang dibutuhkan dan diperlukan oleh masyarakat di kampung, dusun serta RT itulah yang kasih masukan didalam blangko yang nanti akan dibagikan.

“Sekarang pembangunan kampung, dusun dan RT maju dengan pembangunan akan ditentukan oleh masyarakat itu sendiri. Karena program pembangunan kampung masyarakat sendiri yang susun dan laporkan kepada kami pemerintah distrik bersama pendamping distrik. Sehingga diharapkan kepada masyarakat menahan diri untuk membangun kampung, dusun dan RT itu dengan hati bukan lagi sekedar kita berfoya-foya dan kesenangan sesaat waktu saja akan tapi bangun kampung sendiri,” kata Iyai. (modes)


suroso  Kamis, 17 Maret 2022 22:52
Menuju sdm Pemilu Yang Tangguh
*) Oleh : Akbar Muram Dani, S.IP.*
suroso  Senin, 7 Februari 2022 0:41
Apa Itu Tinea Imbrikata atau Kaskado ?
Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menemui orang-orang atau bahkan diri kita sendiri yang pernah mengeluhkan gatal-gatal terutama di badan. Tetapi dapat juga terjadi pada leher,tangan, kaki ataupun di tempat lainnya. Keluhan gatal tersebut berlangsung lama, berulang, makin gatal bila berkeringat, diobati tapi tak kunjung sembuh hingga sangat mengganggu tidur. Gatal-gatal pada badan sering di sebabkan oleh infeksi jamur. Salah satu penyakit infeksi jamur pada badan yang sering adalah Tinea Imbrikata atau masyarakat di Papua lebih mengenalnya dengan sebutan Kaskado.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Populer

Menuju sdm Pemilu Yang Tangguh
suroso  Kamis, 17 Maret 2022 22:52
Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53
PAW Anggota KPU Deiyai, Dilantik
suroso  Selasa, 22 Maret 2022 23:11
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan