Home Papua Tengah Para Wisudawan STK TP Ikuti Misa Perutusan

Para Wisudawan STK TP Ikuti Misa Perutusan

suroso  Selasa, 9 Nopember 2021 9:32 WIT
Para Wisudawan STK TP Ikuti Misa Perutusan

DEIYAI – Para mahasiswa calon wisudawan Sekolah Tinggi Katolik (STK) Touye Paapa Deiyai, sebelumnya mengikuti Misa Perutusan atau Missio Canonica dipimpin Administrator Keuskupan Timika, Pater Marten Ekowaibi Kuayo, Pr di Gereja Katolik Paroki St. Yohanes Pemandi Waghete, Rabu (3/11/21). 

Pada misa perutusan dengan thema “Yesus lantik dan utuslah aku untuk menjadi pribadi yang engkau kehendaki”, dihadiri sejumlah umat Paroki Waghete, orangtua atau wali dari mahasiswa yang menerimakan perutusan, juga civitas akademika STK Touye Paapa Deiyai.

Misa perutusan sudah menjadi tradisi dalam pergutuan tinggi katolik. Sehingga para 27 mahasiswa calon wisudawan diwajikan mengikuti misa perutusan sebelum wisuda. Berbeda dengan gelaran wisuda pada perguruan tinggi lainnya.  Perguruan tinggi swasta milik Keuskupan Timika, STK Touye Paapa Deiyai memiliki tradisi khas untuk menghantar lulusannnya menuju dunia kerja yang nyata sesuai bidang keahliannya.

Pastor Marthen Ekowaibii Kuayo, Pr mengatakan kepada mahasiswa yang diutus untuk melepaskan segala miliknya, lalu menjadi milik Yesus Kristus, dalam tugas pengabdiannya. Dengan menjadi guru, kembali ke kampung halaman, membangun kampung, mendidik masyarakatnya masing-masing. 

Menurut dia, terima lilin, salib, dan kitab suci sebagai alat pewartaan sehingga diminta baca apa yang tertulis dalam kitab suci lalu hayati apa yang dibaca dan wartakan apa yang diimani melalui tugas kepada anak didiknya dan measyarakat. 

“Terima cahaya Kristus (Touye Paapaa) dan bawa terang ini untuk menerangi dirimu sendiri, keluarga, klien, marga dan sesama baik di sini maupun di seluruh dunia,” kata Pastor M. Kuaiyo

Seusai misa, Rektor STK Touye Paapa, Oktopianus Marko Pekei mengatakan, Missio Canonica atau Misa Perutusan ini perlu dilaksanakan di sekolah ini, sebab sekolah ini mencetak pendidik keagamaan Katolik. 

Menurut Pekei, momen yang indah ini bukan merupakan akhir perjuangan bagi mereka, melainkan awal dan bekal perjuangan masih panjang. Selanjutnya mampu melewati berbagai tantangan lagi dalam pelayanan pastoral di tempat bertugas nanti. 

“Lebih dari itu, yang diutus juga lebih belajar banyak untuk selalu hidup rukun bersama, satu diantara sekian banyak individu yang berjalan dengan serasi dan selaras dalam masyarakat,”ungkapnya. (hbb)  


suroso  Kamis, 17 Maret 2022 22:52
Menuju sdm Pemilu Yang Tangguh
*) Oleh : Akbar Muram Dani, S.IP.*
suroso  Senin, 7 Februari 2022 0:41
Apa Itu Tinea Imbrikata atau Kaskado ?
Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menemui orang-orang atau bahkan diri kita sendiri yang pernah mengeluhkan gatal-gatal terutama di badan. Tetapi dapat juga terjadi pada leher,tangan, kaki ataupun di tempat lainnya. Keluhan gatal tersebut berlangsung lama, berulang, makin gatal bila berkeringat, diobati tapi tak kunjung sembuh hingga sangat mengganggu tidur. Gatal-gatal pada badan sering di sebabkan oleh infeksi jamur. Salah satu penyakit infeksi jamur pada badan yang sering adalah Tinea Imbrikata atau masyarakat di Papua lebih mengenalnya dengan sebutan Kaskado.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Populer

Menuju sdm Pemilu Yang Tangguh
suroso  Kamis, 17 Maret 2022 22:52
Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53
PAW Anggota KPU Deiyai, Dilantik
suroso  Selasa, 22 Maret 2022 23:11
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan