Home Pemda Deiyai Melalui KKG dan MGMP Para Guru Bekali Ilmu

Melalui KKG dan MGMP Para Guru Bekali Ilmu

suroso  Selasa, 21 September 2021 5:46 WIT
Melalui KKG dan MGMP Para Guru Bekali Ilmu

DEIYAI – Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di daerah, khususnya meningkatkan kompotensi para guru, dinas pendidikan sebagai dinas teknis, tidak tinggal diam. Dinas Pendidikan telah melakukan berbagai upaya dan langkah maju, melalui berbagai bentuk kegiatan bermanfaat. 

Salah satu upaya yang dilakukan dinas adalah telah membentuk wadah KKG, MGMP, K3S dan MKKS. Sehingga melalui wadah Kelompok Kerja Guru (KKG) dan wadah MGMP, telah melakukan kegiatan pelatihan bagi para guru SD, SMP se Kabupaten Deiyai, selama dua hari, terhitung dari tanggal 16-17,  bertempat di aula gereja GKI Yudea, Waghete, belum lama ini.

Kegiatan pelatihan yang disajikan dua materi yang disampaikan dua penyaji yang berbeda, diikuti para kepala sekolah, pengawas sekolah, ketua kelompok kerja guru SD dan guru SMP dari masing-masing Pokja, telah mengikuti dengan baik dan lancar. 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Deiyai, Nataniel Pekey, S.Pd, mengatakan, sesuai dengan tujuan pelaksanaan kegiatan, melalui kegiatan akan lebih meningkatkan mutu dan profesionalisme guru dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga pengajar di tempat tugasnya. Terutama dalam pola mengajar maupun sesuai displin ilmunya bahkan dalam mengerjakan tugas penyusunan kurikulum maupun tugas ketata administrasian lainnya.

“Melalui kegiatan ini, akan peroleh manfaat yang besar bagi guru. Pasalnya, ilmu yang diperoleh melalui kegiatan pelatihan, akan lebih disempurnakan, sedikit dari kekurangan yang ada, dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang tenaga pendidik di sekolahnya.  Materi yang dibekali tidak terlepas dari tugas dan fungsi sebagai tenaga pengajar.  Maka dengan ilmu yang diperoleh, para guru, akan lebih giat lagi  dalam  menjalankan tugasnya,” katanya kepada wartawan media ini.

Dijelaskan, dalam meningkatkan mutu pendidikan, memang tugas yang sangat berat.  Melihat kerikil persoalan pendidikan, mestinya memulai dari dasar. Namun utama dan terutama, membenahi persoalan pendidikan, bagaimana upaya meningkatkan kompotensi guru dan juga bagaimana benahi fasilitas sekolahnya. Untuk melihat semua kerikil persoalan pendidikan, semuannya dibutuhkan dukungan dan kerjasama dari semua pihak, warga masyarakat, serta melakukan berbagai kegiatan bermanfaat, seperti pelatihan, pembinaan dan lainnya.     

“Pelatihan yang telah diikuti para guru adalah bagian dari meningkatkan mutu pendidikan di daerah. Melalui kegiatan itu, output adalah bagaimana mendidik, membina, memberikan ilmu, anak-anak atau siswa dengan baik.  Supaya anak-anak didiknya menjadi pandai, pintar, cerdas, dan  berkwalitas, sesuai harapan semua orang,” jelasnya.

Oleh sebab itu, kata Kadis Pendidikan, setelah dirinya ditunjuk kepala dinas, telah mulai melakukan berbagai upaya, langkah dan metode. Salah satu bentuk upaya yang telah dilakukan adalah membentuk wadah bagi para guru.  Melalui wadah itu, akan melakukan berbagai kegiatan pelatihan, pembinaan, dengan tujuan dapat meningkatkan kompotensi guru dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai tenaga pendidikan yang mampu dan professional. Sebab menurutnya, tenaga pendidik adalah tulang punggung pendidikan.    

“Kalau gurunya mampu maka anak–anak yang dia mengajar juga akan mampu dan berkwalitas.  Tetapi kalau gurunya tidak mampu maka anak-anak yang dia didik juga kurang di dalam memperoleh ilmunya dari guru.  Maka kedepan, akan berupaya semaksimal dalam memantapkan dan melengkapi berbagai kerikil kekurangan yang ada di dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai tenaga pendidik, melalui berbagai bentuk kegiatan bermanfaat,” katanya. 

Dia menambahkan, setelah dibentuk wadah guru, sudah beberapa kali, telah melakukan kegiatan pelatihan maupun pembinaan bagi para guru yang ada di Deiyai.  Semuannya, satu langkah maju yang dilakukan dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia deiyai yang berkwalitas menuju dunia pendidikan maju. Sehingga upaya–upaya dimaksud tidak terlepas dari visi - misi bupati dan wakil Deiyai. 

Oleh sebab itu, dirinya berharap, kedepan, diharapkan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak, stekholder, orang tua siswa serta warga masyarakat agar dunia pendidikan akan lebih maju melalui berbagai kegiatan sederhana yang telah, sedang dan akan dilakukan. (hbb)

Polling has no value
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
*) Oleh Agustinus KegiyePada Jumat 3 September 2021, saya bersama 24 Guru sempat berdialog tentang Dogiyai Bahagia. Diskusi kami tentang mak

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Intan Jaya Masuk Level 2 Penerapan PPKM
suroso  Rabu, 11 Agustus 2021 22:17
Menangi PSU, Ini Pesan Mesak Magai
suroso  Senin, 2 Agustus 2021 15:10
Jika Tak Ada Gugatan, KPU Tetapkan Paslon Terpilih
suroso  Selasa, 3 Agustus 2021 21:31
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan