Home Papua BUMDes, Paniai Masuki Tahap Penginputan Berkas

BUMDes, Paniai Masuki Tahap Penginputan Berkas

suroso  Senin, 30 Agustus 2021 8:30 WIT
 BUMDes, Paniai Masuki Tahap Penginputan Berkas

PANIAI - Badan Eksekutif Pengurus Bumdesma Kabupaten Paniai saat ini sedang merampungkan tahapan penginputan berkas di aplikasi BUMDes dari 216 kampung yang tersebar di 24 Distrik.

Yanuarius Yogi, S.AB, selaku Badan Eksekutif Pengurus Bumdesma Kabupaten Paniai mengatakan terlebih dahulu BUMDes teregistrasi dengan menginput berkas tertentu di aplikasi BUMDes.

Karena menurut Yanuarius, mewajibkan para pengelola BUMDes untuk menginput beberapa softfile seperti Perdes, AD/ART, SK pengurus BUMDes, dan laporan keuangan.

“Laporan pun mesti per bidang usaha, kan di BUMDes tuh suka banyak usahanya ada yang simpan pinjam, jualan, itu laporannya dipisah,” terang Yanuarius dalam keterangan pers yang diterma awak media, Sabtu (28/8/21).

Sebab menurut Yanuarius, BUMDes menjadi salah satu upaya untuk memberdayakan dan mengoptimalkan potensi desa. Karena itu perlu adanya legalitas agar dalam pelaksaannya BUMDes mendapatkan sokongan dana dari dana desa yang dialokasikan oleh kepala desa setempat.

“Hal itu berdasarkan, UU Nomot 11 Tahun 2021, tentang BUMDes, sebagai mana termaktub dalam pasal 117. Selain itu PP 11 tahun 2021 serta sejumlah regulasi turunan UU Cipta kerja,” tuturnya.

Maka kata dia, pihaknya sedang mendampingi BUMDes di 216 kampung untuk segera menggunakan aplikasi BUMDes. Sebab itulah ia berpesan para pengelola BUMDes mesti melek teknologi dan jangan sampai ketinggalan zaman.

Salah satu Operator update offline Ling Kementerian PDTT BUMDesa Paniai, Jeri P Degei mengatakan, sesuai juknis pusat, dan aturan yang diamatkan oleh PP 11 tahun 2021 tentang BUMDes. Adalah bagimana mengorbitkan tata cara dan persyaratan nama kampung, dan pendaftaran BUMDesa, sesuai pedoman pengadaan barang dan/atau jasa, pembinaan dan pengembangan.

“Kami kerja untuk menunjang kepada para ketua BUMDesa yang terpilih di 216 Kampung. Dalam kareja kami ini, apabila nama yang diajukan sudah ada yang menggunakan, maka sistem secara otomatis akan memberikan alternatif 3 junit program Kerja pilihan nama lainnya,” kata dia.

Dijelakan Jeri, proses dari pendaftaran ke tahap verifikasi adalah selama 5 hari, setelah itu loading, selanjutnya dilakukan verifikasi oleh kementerian Desa PDTT.Usai dari situ data Bumdes/BUMDesma akan mendaftarkan ke kemenhumham untuk diterbitkan sertifikat badan Hukumnya. “Untuk sampai kesitu kami sedang daftarkan secara online semua kampung,” akunya. (eby)

Polling has no value
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
*) Oleh Agustinus KegiyePada Jumat 3 September 2021, saya bersama 24 Guru sempat berdialog tentang Dogiyai Bahagia. Diskusi kami tentang mak

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Intan Jaya Masuk Level 2 Penerapan PPKM
suroso  Rabu, 11 Agustus 2021 22:17
Menangi PSU, Ini Pesan Mesak Magai
suroso  Senin, 2 Agustus 2021 15:10
Jika Tak Ada Gugatan, KPU Tetapkan Paslon Terpilih
suroso  Selasa, 3 Agustus 2021 21:31
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan