Home Nabire Hari Ini Nabire Tetapkan Level PPKM

Hari Ini Nabire Tetapkan Level PPKM

suroso  Kamis, 5 Agustus 2021 5:17 WIT
Hari Ini Nabire Tetapkan Level PPKM

NABIRE – Setelah mendapat instruksi dari pemerintah pusat terkait Level PPKM yang dijalankan untuk Papua, Gubernur Papua Lukas Enembe, telah mengeluarkan surat edaran PPKM untuk Provinsi Papua, yang mana Papua dikenakan Level 4, Level 3 dan Level 2. Menindaklanjuti SE Gubernur Papua ini, menurut informasi Kabupaten Nabire Kamis (05/08/21) akan menggelar pertemuan. Pada pertemuan itu menurut informasi akan menetapkan level PPKM yang akan diberlakukan di wilayah Kabupaten Nabire.

“Menindaklanjuti keluarnya Surat Edaran Gubernur Papua terkait dengan penerapan PPKM di Papua, kami sudah buat undangan untuk menggelar pertemuan besok. Kami juga laporkan hal ini kepada Penjabat Bupati dan Sekda Nabire,” ujar Vicktor Fun, Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Nabire yang juga Kepala BPBD Kabupaten Nabire, melalui pesan singkatnya.

Data yang dihimpun media ini dari Surat Edaran Gubernur Papua, secara garis besar disampaikan bahwa Papua melaksanakan PPKM Level 4, Level 3 dan Level 2.

Secara khusus Level 4 mengikuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 28 Tahun 2021. Ada 3 daerah yang masuk dalam pengawasan PPKM Level 4 yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Merauke dan Mimika.

Sementara itu, ada delapan kabupaten lainnya masuk dalam kategori Level 3, yakni di Kabupaten Asmat, Biak Numfor, Boven Digoel, Jayawijaya, Keerom, Nabire, Puncak Jaya dan Supiori. Sementara untuk Level 2 ada 17 kabupaten, diantaranya Kabupaten Tolikara, Kepulauan Yapen, Deiyai, Dogiyai, Paniai, Intan Jaya, Lanny Jaya, Sarmi, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Yalimo, Mamberamo Tengah, Mamberamo Raya, Mappi, Nduga, Puncak dan Waropen. 

“Gubernur Papua Lukas Enembe sangat fokus dalam menginstruksikan kepada Tim Satgas bahwa keselamatan masyarakat Papua adalah hal yang utama di atas segala-galanya,” tutur Juru Bicara Gubernur Papua, Muhammad Rifai Darus.

Adapun dalam Surat Edaran Gubernur Papua Nomor: 440/8936/SET Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Covid-19 Provinsi Papua, ada beberapa hal yang diatur salah satunya pembatasan dan pengetatan akses masuk orang ke Provinsi Papua baik menggunakan transportasi udara maupun transportasi laut. Pembatasan dan pengetatan ini berlaku dari tanggal 3 hingga 30 Agustus 2021.

Dalam SE Gubernur Papua, ada 7 poin yang diatur terkait pembatasan akses masuk orang ke Provinsi Papua serta intra Papua yang menggunakan transportasi udara. Di antaranya orang yang berkunjung ke wilayah Papua dalam rangka kegiatan kedinasan wajib menunjukan surat keterangan perjalanan dinas dari pejabat tertinggi instansi tempat bekerja sesuai dengan keperluan dan kepentingan perjalanan dinas. Menunjukkan surat/bukti telah melaksanakan vaksin Covid-19 (minimal vaksinasi dosis pertama) dan menyertakan surat hasil pemeriksaan PCR negatif COVID-19 yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan (data lengkap lihat grafis).

Sedangkan untuk akses masuk ke Provinsi Papua melalui transportasi laut dan ASDP, lebih diperketat lagi dibanding melalui jalur udara. Berdasarkan SE Gubernur Papua, orang yang berkunjung ke wilayah Papua dan Intra Papua untuk sementara tidak diperkenankan. Kecuali untuk keperluan dan kepentingan khusus yaitu logistik dan bahan pokok, bahan bakar, logistik kesehatan dan obat-obatan, tenaga medis, evakuasi pasien dan jenazah, sektor perbankan, emergency keamanan, proyek strategis nasional dan daerah di papua, kegiatan dan logistik PON XX dan PEPARNAS XVI.

Ketentuan lainnya, orang yang berkunjung ke wilayah Papua dan Intra Papua untuk keperluan dan kepentingan khusus sebagaimana dimaksud di atas, wajib menunjukkan surat/bukti telah melaksanakan vaksin COVID-19 (minimal vaksinasi dosis pertama) dan menyertakan surat hasil pemeriksaan PCR negatif COVID-19 yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 5 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Untuk transportasi darat juga dalam masa PPKM ini juga diatur. Dimana transportasi umum seperti kendaraan umum, angkutan massal, taksi (konvensional dan online) dan kendaraan sewa/rental dapat beroperasi hingga pukul 20.00 WIT dengan pembatasan penumpang 50% dan menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat. Sedangkan transportasi umum seperti ojek (konvensional dan online) beroperasi hingga pukul 20.00 WIT dan menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat. (ros)

Polling has no value
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
*) Oleh Agustinus KegiyePada Jumat 3 September 2021, saya bersama 24 Guru sempat berdialog tentang Dogiyai Bahagia. Diskusi kami tentang mak

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Intan Jaya Masuk Level 2 Penerapan PPKM
suroso  Rabu, 11 Agustus 2021 22:17
Menangi PSU, Ini Pesan Mesak Magai
suroso  Senin, 2 Agustus 2021 15:10
Jika Tak Ada Gugatan, KPU Tetapkan Paslon Terpilih
suroso  Selasa, 3 Agustus 2021 21:31
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan