Home Pemda Dogiyai Minai Nyatakan Tak Berbohong Soal Jabatan di Dogiyai

Minai Nyatakan Tak Berbohong Soal Jabatan di Dogiyai

Suroso  Senin, 14 Juni 2021 22:18
Minai Nyatakan Tak Berbohong Soal Jabatan di Dogiyai

NABIRE – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dogiyai, Yoseph Minai menyatakan dirinya tidak berbohong dengan mengungkap sejumlah pejabat hingga kepala kampung dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt), tidak sebagai pejabat definitif. Karena jabatan itu merupakan pejabat publik sehingga perlu dibuka.

Pernyataan Yoseph Minai ini merupakan tanggapan balik atas sanggahan Bupati Dogiyai, Yakubus Dumupa melalui media online, Odiyaiwu.com, media online milik Bupati Dogiyai.

Rillis yang diterima media ini, Senin (14/6) Yoseph Minai menanggapi apa yang dibantah oleh Bupati Yakubus Dumupa melalui media onlinenya, bahwa berita yang disampaikan anggota DPRD atas nama Yoseph Minai yang dirillis TribunNews statemennya tidak tepat, berita tersebut bohong dan belum memahami jalan roda pemerintahan dan praktek pemerintahan di Dogiyai. Minai menyatakan dirinya percaya ini fakta di lapangan sehingga perlu kita lihat dan dorong serta luruskan yang miring. Di lapangan sesungguhnya seluruh OPD, kepala distrik dan kepala kampung belum definitif. Sebab itu segera didefinitifkan. Publik Kabupaten Dogiyai tahu, karena itu jabatan publik bukan rahasia yang perlu ditutup-tutupi.

Minai juga menulis, mengenai lelang jabatan telah dilelang fungsional/OPD tetapi mengapa Plt lama bertugas, padahal masa jabatan Plt sudah lewat, tetapi masih bertugas dan memanfaatkan anggaran negara ? Apakah diizinkan oleh aturan ?

Minai juga menilai kalau kegiatan pergantian jabatan dan pemilihan kepala kampung terkendala Covid-19 sehingga tidak bisa digelar tahun 2020, alasannya tidak tepat. Karena Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 bisa dilaksanakan, tetapi mengapa pemilihan kepala kampung tidak dilaksanakan. Jika alasan instrument Kemendagri, memangnya SK Kepala Kampung dari Kemendagri ? SK kepala kampung dari Bupati, dan Papua ada kewenangan Otonomi Khusus (Otsus). Oleh karena itu, jangan sampai kita dibilang tidak mampu.

Ia juga menyinggung soal pemotongan uang lauk pauk (ULP) dari Aparat Sipil Negara (ASN) sebesar Rp. 1,5 juta. Mengapa tidak kordinasi dengan DPRD karena menyangkut hak dan nasib ASN perlu kordinasi antara lembaga eksekutif dan legislatif agar berjalan dengan baik dan ada kejelasan diantara kita semua. Berkaitan dengan pengalihan, penurunan dan kenaikan keuangan daerah itu perlu komunikasi antara lembaga eksekutif dan legislatif, karena legislatif dipilih oleh rakyat sebagai pengawas jalannya pemerintahan daerah dan pusat di daerah tetapi eksekutif tidak pernah memenuhi undangan DPRD Dogiyai.

Minai juga menyorot ketidakhadiran Bupati Dogiyai saat sidang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021 dengan alasan menyelesaikan kuliah S2. Gelar akademik itu hak seseorang sebagai manusia namun dalam menjalankan tugas negara harus ingat tugas yang diemban sebagai pejabat publik dan kepala daerah karena keputusan di dalam sidang APBD bukan oleh Wakil Bupati tetapi Bupati bersama DPRD.

Menjawab komentar Bupati Dogiyai di media online-nya, Odiyaiwu.com bahwa Yoseph Minai juga tidak menetap di Dogiyai. Minai pertanyakan, sejak kapan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dogiyai membangun rumah dinas anggota DPRD Dogiyai. Adakah lahan untuk pembangunan rumah anggota DPRD Dogiyai. “Saya percaya, pemerintah Dogiyai mungkin siapkan lokasi sebanyak mungkin bagi pemerintah dan DPRD Kabupaten Dogiyai dengan dana pinjaman Rp. 100 Miliar di Bank Papua beberapa waktu lalu,” tulisnya.

Minai menjelaskan, selama ini tidak tinggal di Dogiyai karena patah tulang sejak Mei 2020 hingga hari ini sehingga isolasi diri di rumah karena tidak ada biaya keluar berobat sehingga sedang berobat di Nabire, yang ada rumah sakit. Berobat di Puskesmas Dogiyai tidak mempan dan tidak ada rumah dinas DPRD Dogiyai. “Saya yakin mungkin Bupati juga jarang tinggal di Dogiyai,” tulisnya.

Ia juga mempertanyakan, apabila memang benar Bupati Dogiyai menetap di Dogiyai mengapa tidak membayar gaji ASN se Kabupaten Dogiyai bulan Juni. Apa alasannya, bupati memberikan alasannya kepada publik, rakyat kita di Dogiyai.

Minai menulis, sekalipun Bupati Dogiyai menyatakan statemen yang dipublikasi lewat media itu bohong namun public khususnya rakyat Dogiyai menyatakan benar dan mengungkap fakta, kebenaran tidak harus dibohongi. Karena, apa yang diungkit lewat media itu benar fakta adanya. (ans)

Suroso  Minggu, 11 Juli 2021 23:23
Jangan Putus Mata Rantai Pendidikan di Dogiyai! Oleh Felix Degei, S. Pd., M. Ed*
Pendahuluan  Ada banyak indikator yang dapat dilihat dalam evaluasi kemajuan pembangunan suatu daerah. Pembangunan (development) mesti
Suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
*) Oleh Agustinus KegiyePada Jumat 3 September 2021, saya bersama 24 Guru sempat berdialog tentang Dogiyai Bahagia. Diskusi kami tentang mak
Agenda Nabire
Pencanangan Distrik Sadar Demokrasi
 Minggu, 30 Mei 2021 10:39
Bawaslu Kabupaten Nabire akan menggelar acara "Pencanangan Distrik Sadar Demokrasi" yang akan dilaksanakan pada : Hari/tanggal : Senin, 31 Mei 2021 Waktu : 15.00 WIT Tempat : Aula Kantor Distrik Wanggar
HAHAEEE...
Tanah milik KODIM dan POLRES
 Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Intan Jaya Masuk Level 2 Penerapan PPKM
Suroso  Rabu, 11 Agustus 2021 22:17
Menangi PSU, Ini Pesan Mesak Magai
Suroso  Senin, 2 Agustus 2021 15:10
Jika Tak Ada Gugatan, KPU Tetapkan Paslon Terpilih
Suroso  Selasa, 3 Agustus 2021 21:31
YUDA 18.184, MESSI 25.259, FANSBRO 16.135
Suroso  Senin, 2 Agustus 2021 15:8
Hari Ini Nabire Tetapkan Level PPKM
Suroso  Rabu, 4 Agustus 2021 20:17

Info Loker

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan