Home Papua Tengah Hari Kedua Antar Bama Bansos, Pesawat Tariku Tergelincir di Lapter Dadou

Hari Kedua Antar Bama Bansos, Pesawat Tariku Tergelincir di Lapter Dadou

Suroso  Senin, 3 Agustus 2020 0:22
Hari Kedua Antar Bama Bansos, Pesawat Tariku Tergelincir di Lapter Dadou

PANIAI - Pesawat perintis Tariku Aviation PK-RBP, dikabarkan tergelincir saat parkir setelah landing di Lapangan Terbang (Lapter) Dadou, Distrik Siriwo, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua, Jumat (31/07/2020).

Tokoh Intelektual Siriwo, Naftali Pakopa mengaku, adanya laporan dari warga yang ia terima membenarkan pesawat Tariku Aviation PK-RBP tergelincir pada parkir area Lapter yang basah dan licin mengakibatkan pesawat keluar dari landasan parkir, dan masuk ke semak-semak arah jurang terjal.

Dikatakan Naftali, pesawat tersebut tergelincir saat mengantar bahan makanan (Bama) bantuan sosial (Bansos) yang diperuntuhkan bagi penerima manfaat untuk warga masyarakat Distrik Siriwo dari Pemerintah Daerah Kabupaten Paniai melalui Satgas Jaringan Pengaman Sosial.

Dijelaskan Naftali, pesawat Tariku sebelumnya dari Bandara Enarotali ke Dadou, Kamis (30/07/20) sempat mengantar Bama Bansos sebanyak 6 flight ke Distrik Siriwo dan Jumat (31/07/20) tergelincir tepat pukul 14.04 WIT saat mengantar Bama Bansos pada flight kelima yang awalnya direncanakan 6 flight.

“Pesawat itu sebelumnya pada Kamis tanggal 30 sempat droping Bama sebanyak 6 kali, lalu lanjut lagi hari Jumat tanggal 31 dijadwalkan 6 kali pendropingan, tapi pada pukul 14.04 WIT saat pendropan yang ke5 pesawat tergelincir dan masuk ke semak-semak arah jurang,” bebernya.

Menurut Naftali, kejadian itu mengakibatkan, ban pesawat sebelah kanan patah dan sayap pesawat mengalami kemiringan lantaran menabrak pagar milik warga setempat, namun pilot dan co pilot selamat.

“Kondisi pesawatnya itu ban sebelah kanan patah dan sayap pesawat miring karena menambrak pagar milik warga, sedang pilot dan Co nya selamat,” tutur Naftali.

Sementara itu, didasarkan pada laporan yang diterima dari Kepala Bandara Enarotali, Alex Lamba, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Achmad Mustofa Kamal mengatakan pesawat yang memuat bantuan sosial berupa bahan makanan ini sebelumnya diketahui berangkat dari Bandara Enarotali sekitar pukul 10.07 WIT dengan tujuan Distrik Siriwo.

“Jadwal pesawat landing di Distrik Siriwo dua kali untuk memuat Bansos kesana, namun pada penerbangan pertama pesawat mengalami kecelakaan,” kata Achmad Mustofa Kamal, seperti diliris topikpapua.com, Sabtu (01/08/20).

Dijelaskan Kamal, pesawat yang dipiloti oleh Kapten Ramsei dan Co-pilot Kapten Edo tersebut memuat 100 karung beras dan 100 paket Sembako seperti, gula, kopi, garam, minyak dan Sembako lainnya.

“Jadi kecelakaannya itu terjadi sekira pukul 11.45 WIT, karena musibah itu pesawat tidak bisa balik lagi ke Bandara Enarotali untuk muat Sembako,” jelas Kamal.

Hingga kini dilaporkan pesawat masih berada di ujung Lapter Distrik Siriwo, sementara pilot dan co pilot sudah diterbangkan kembali ke Enarotali.

“Jadi karena tidak bisa kembali terbang, maka pilot dan co-pilot diterbangkan ke Enarotali dengan heli PK-Inc, kondisi mereka baik dan saat ini sedang istirahat di Guest House Kabupaten Paniai,” kata Kamal.

Sementara itu menurut Kamal, hingga kini pesawat Tariku Aviation PK-RBP masih berada di lokasi kejadian.

“Sampai saat ini pesawat masih berada di TKP dan untuk proses evakuasi pesawat masih menunggu keputusan dari pusat PT. Tariku Aviation PK-RBP dari Jayapura,” pungkasnya.

Wartawan, beberapa kali menghubungi Ketua Satgas Jaringan Pengaman Sosial Kabupaten Paniai melalui saluran telepon selulernya, namun tak digubris sehingga sampai berita ini diturunkan belum terkonfirmasi terkait kepastian bantuan sosial, waktu dan dalam satu hari berapa kali flight penerbangan yang dijadwalkan ke Distrik Siriwo.(eby/ist)

Polling
Apakah anda setuju jika diberlakukan pembayaran parkir di sejumlah titik keramaian di dalam Kota Nabire ?
Suroso  Jumat, 7 Agustus 2020 0:4
Tanaman Anggrek dan Potensinya Yang Terlupakan
Oleh :  Andrias Gobay S.Sos.,MA. Noken Anggrek merupakan satu dari sekian banyak oleh – oleh khas Meepago (Nabire, Dogiyai, Deiya
Suroso  Selasa, 8 September 2020 9:28
WILLPOWER PERJUANGAN DALAM PENDIDIKAN, PERSEPSI PEMUDA RANTAU ASAL ASSOYELIPELE, WALESI, WAMENA
 Oleh : Dr. Sarmini, S.Pd.,MM.Pd Masih dalam memaknai kemerdekaan, pemuda, perjuangan dan pendidikan, adalah 3 kata yang sangat erat ko
Agenda Nabire
JADWAL MUSYAWARAH SENGKETA PILKADA NABIRE 2020
 Senin, 10 Agustus 2020 3:30

SIDANG PENYELESAIAN SENGKETA PILKADA NABIRE TAHUN 2020

 

Akan digelar sidang penyelesaian sengketa Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Nabire tahun 2020 :

Tempat : Kantor Bawaslu Nabire, Jl. PDAM Nabire

Pukul  : 11.00 s/d Selesai, 14.00 s/d selesai

Agenda : Jawaban Termohon (KPU Nabire)

 

 

HAHAEEE...
Tanah milik KODIM dan POLRES
 Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Bupati Dogiyai Diminta Mundur
Suroso  Senin, 10 Agustus 2020 3:19
Waktu Pengumuman CPNS Nabire Masih Tanda Tanya
Suroso  Rabu, 19 Agustus 2020 0:28
Hasil CPNS 2018 Nabire Belum Diumumkan
Suroso  Senin, 10 Agustus 2020 3:23
Diduga Covid, Pasien Meninggal Dunia
Suroso  Kamis, 10 September 2020 11:22

Info Loker

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan