Home Papua Tengah Jalan Sepanjang Gunung Ogiyai Rusak Parah, Warga Minta Perbaikan

Jalan Sepanjang Gunung Ogiyai Rusak Parah, Warga Minta Perbaikan

Suroso  Kamis, 9 Juli 2020 22:50
Jalan Sepanjang Gunung Ogiyai Rusak Parah, Warga Minta Perbaikan

PANIAI - Kurang lebih sekitar 2 kilo meter, Kondisi jalan penghubung Kabupaten Dogiyai dan Kabupaten Paniai dari Pautadi hingga puncak Gunung  Ogiyai, Distrik Paniai Barat, Kabupaten Paniai rusak parah akibat kikisan air saat hujan yang menglir ke badan jalan.

Kepala Kampung Tuwauwo, Distrik Paniai Barat, Kabupaten Paniai Papua, Elikio Boma,membenarkan adanya kerusakan jalan lantaran pengisisan air yang memakan badan jalan sekitar 2 km dari Kampung Paudide hingga puncak gunung Ogiyai.

Elikio mengaku, pada tahun 2012 pernah proyek dari propinsi masuk dan dikerjakan namun, tidak ada perawatan lanjutan sehingga badan jalan yang awalnya mulus itu tak bertahan lama. 

Tahun 2012 sempat buat baik jalan ini sampai bagus tapi kerena tidak ada perawatan jadi sekarang kondisi jalan rusak seperti begini,tutur Elikio dari balik telepon selulernya, Kamis (09/07/20).

Dikatakan Elikio,  pada tahun 2014 Pemda Paniai pernah mengaspal jalan tersebut namun, tidak sampai di puncak gunung ogiyai kurang lebih 300 meter.

Pada  tahun 2019  Pemerintah Dogiyai pun sempat mengerjakan pengaspalan tapi sampai di ujung Kampung Paudide, tak diteruskan pengaspalan sampai di gunung Ogiyai karena badan jalan yang rusak ini masuk dalam wilayah Kabupaten Paniai.

Elikio berharap berharap kepada kedua pemda  baik Dogiyai dan Paniai agar secepatnya menangani untuk memperbaiki jalan tersebut karena jalan tersebut merupakan akses utama warga setempat dan tempat mengais Nafka baik para pengojek tujuan Obono Dogiyai, Paniai, Deiyai dan Nabire. 

Jalan ini satu satunya akses darat bagi kami saat jalan, dan tempat para pengojek menggais nafkah dimana cari penumpang Obano, Dogiyai, Paniai, Nabire dan Deiyai,imbuhnya berharap.

Selain Elikio, sala satu tokoh pemuda juga pengguna jalan asal Obano distrik Paniai Barat, Yaboy mengaku, dirinya dan sejumlah pengendara motor di kawasan itu sering mengalami kecelakan jika ban motornya tergelincir dan masuk dalam lubang-lubang di badan jalan raya.

“Selama ini kami sering mengalami kecelakaan kalau ban motor masuk di got kikisan air tersebut, kami naik, turun lewat sepanjang jalan itu  sangat berhati hati, dan sering ada rasa kwatir.

Apalagi jujan, itu kami main pikul motor,” tutur Yaboy menceritakan kisahnya via telepon seluler, Kamis (09/09/20).

Lantaran itu, pemuda ini berharap Pemda dan Pemprof harus memperbaiki jalan tersebut agar akases jalan dapat normal seperti sedia kalah.

Kedua Pemda harus kordinasi dengan pemprof dalam hal ini OPD terkait  untuk memperbaiki, dan menangani jalan rusak parah ini, kerja jalan itu jangan stengah-setengah harus mengaspal dan membuat tembok anti longsor, serta bikin drainase jalur air, supaya tidak mengalir di badan jalan seperti sekarang ini,pintahnya mengingatkan. (eby)

Polling
Apakah anda setuju jika diberlakukan pembayaran parkir di sejumlah titik keramaian di dalam Kota Nabire ?
Suroso  Jumat, 7 Agustus 2020 0:4
Tanaman Anggrek dan Potensinya Yang Terlupakan
Oleh :  Andrias Gobay S.Sos.,MA. Noken Anggrek merupakan satu dari sekian banyak oleh – oleh khas Meepago (Nabire, Dogiyai, Deiya
Suroso  Selasa, 8 September 2020 9:28
WILLPOWER PERJUANGAN DALAM PENDIDIKAN, PERSEPSI PEMUDA RANTAU ASAL ASSOYELIPELE, WALESI, WAMENA
 Oleh : Dr. Sarmini, S.Pd.,MM.Pd Masih dalam memaknai kemerdekaan, pemuda, perjuangan dan pendidikan, adalah 3 kata yang sangat erat ko
Agenda Nabire
JADWAL MUSYAWARAH SENGKETA PILKADA NABIRE 2020
 Senin, 10 Agustus 2020 3:30

SIDANG PENYELESAIAN SENGKETA PILKADA NABIRE TAHUN 2020

 

Akan digelar sidang penyelesaian sengketa Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Nabire tahun 2020 :

Tempat : Kantor Bawaslu Nabire, Jl. PDAM Nabire

Pukul  : 11.00 s/d Selesai, 14.00 s/d selesai

Agenda : Jawaban Termohon (KPU Nabire)

 

 

HAHAEEE...
Tanah milik KODIM dan POLRES
 Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Bupati Dogiyai Diminta Mundur
Suroso  Senin, 10 Agustus 2020 3:19
Waktu Pengumuman CPNS Nabire Masih Tanda Tanya
Suroso  Rabu, 19 Agustus 2020 0:28
Hasil CPNS 2018 Nabire Belum Diumumkan
Suroso  Senin, 10 Agustus 2020 3:23
Diduga Covid, Pasien Meninggal Dunia
Suroso  Kamis, 10 September 2020 11:22

Info Loker

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan