Home Nabire Pembukaan Penerbangan, Simulasi Digelar

Pembukaan Penerbangan, Simulasi Digelar

Suroso  Kamis, 2 Juli 2020 1:46
Pembukaan Penerbangan, Simulasi Digelar

NABIRE - Menuju era new normal, Bandar Udara (Bandara) Douw Aturure Nabire, Rabu (01/07/2020) sore menggelar kegiatan simulasi pembukaan  penerbangan setelah sempat ditutup karena pandemi Covid-19.

Hadir pada kesempatan tersebut, Bupati Nabire, Kapolres, Kabandara dan tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Nabire.

Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19, Viktor Vun pada kesempatan itu menyampaikan, pada hari ini dengan rencana atau telah diberlakukannya orang keluar masuk melalui Bandara Nabire, maka berkaitan dengan itu perlu disiapkan beberapa agenda termasuk sampai pada hari ini dibawah pimpinan daerah kita akan melakukan simulasi orang keluar masuk berdasarkan surat edaran pemerintah.

“Saya melaporkan kepada bapak bupati bahwa pelaksanaan simulasi pada hari ini tetap semua mengacu pada protokol Covid-19 yang sudah disiapkan secara maksimal oleh kepala bandara yang merupakan bagian dalam pencegahan Covid 19,” katanya.

Kami harapkan dengan mekanisme serta prosedur yang akan kita lakukan kedepan, lanjutnya, termasuk hal-hal sekecil apapun kita bisa menutupi kekurangan-kekurangan yang akan kita alami, sehingga tidak lagi membuat peraturan terbaru setelah kita buka Bandara ini.

Jubir Covid-19 Nabire, dr Frans Sayori menyampaikan, ada beberapa hal sesuai dengan protokol kesehatan di Bandara yang ingin kami sampaikan untuk menjadi perhatian kita semua, seperti protokol kesehatan yang harus dilakukan di Bandara guna memastikan seluruh area umum dan transportasi umum.

Artinya, terang dia, seluruh area di Bandara Nabire ini harus dilakukan atau nantinya disiapkan ruang isolasi sebagai tempat memperbaiki dan pengecekan dokumen perjalana atau informasi reguler yang menyesuaikan pola operasional yang masuk dan keluar Bandara dengan tepat berdasarkan protokol keksehatan dan cara pencegahan serta melakukan penyemprotan disinfektan terhadap bagasi penumpang yang tercatat.

Sementara itu, Bupati Nabire Isaias Douw, menegaskan, kepada semua masyarakat yang hendak berpergian keluar menggunakan jasa penerbangan udara, harus berdasarkan surat izin dari bupati.

“Saya minta masyarakat harus lebih disiplin hidup dalam era new normal.

Tetap patuh terhadap imbauan Pemda jangan lupa berdoa.

Soal buka dan tidaknya askes penerbangan dan pelabuhan laut, tidak bisa saya ambil keputusan sendiri.

Akan tetapi harus melalui keputusan bersama dengan para bupati asosiasi Meepago.

Sehingga kami buka dulu akses penerbangan udara, sedangkan akses laut tetap kami tutup,” tekannya.

Sementara itu, di kesempatan yang sama, Kabandara mengulas tentang apa itu simulasi atau alur dalam simulasi, yakni simulasi perlu kita adakan karena penerapan peraturan protokol kesehatan.

Kami perlu menguji, tambahnya, bahwa dalam kondisi normalnya itu penumpang hanya diperiksa identitas dan tiketnya, namun untuk saat ini diperlukan yang namanya memenuhi syarat-syarat keamanan penerbangan, sehingga keamanan dan keselamatan penerbangan.

Barulah, diperbolehkan naik pesawat. 

Sehingga, lanjut Kabandara, ada peralatan tambahan yang harus dilaksanakan untuk masuk dan keluar.

Maka harus kita pastikan benar-benar kepada calon penumpang yang akan berangkat dan penumpang yang datang itu betul-betul ikuti semua protokol kesehatan.

Untuk itu, dalam rangka sosialisasi dan untuk merubah kebiasaan dari penumpang maupun calon penumpang ini akan terjadi, inilah yang kita mau lihat polanya dan selanjutnya akan kita evaluasi setiap saat terhadap alur-alur yang sudah kita siapkan.

“Pada hari pertama dimulainya penerbangan nanti kami dibantu rekan-rekan TNI dan Polri serta dari petugas kesehatan menyangkut kepastian keabsahan dokumen jalan.

Jika nanti ada hambatan-hambatan tetap kami adaptasi agar  pelayanan kepada masyarakat bisa berjalan lancar,” kata Kabandara.

Diakhir penjelasannya, Kabandara sedikit memberi gambaran sedikit tentang alur rencana pengamanan dan pemeriksaan dokumen perjalanan yang sama-sama disusun dari KP3 Udara, Dinas Kesehatan dan tim gugus tugas.

Ada sekitar 5 adegan simulasi yang diterapkan nantinya pada setiap penerbangan yang ada.(eby) 

Polling
Apakah anda setuju jika diberlakukan pembayaran parkir di sejumlah titik keramaian di dalam Kota Nabire ?
Suroso  Selasa, 4 Agustus 2020 20:49
Tanaman Anggrek dan Potensinya Yang Terlupakan
Oleh : Andrias Gobay S.Sos.,MA. Noken Anggrek merupakan satu dari sekian banyak oleh – oleh khas Meepago (Nabire, Dogiyai, Deiyai, Pan
Suroso  Selasa, 30 Juni 2020 21:54
Sejarah Polri, Mengapa 1 Juli Diperingati Hari Bhayangkara *Sebelum Kemerdekaan Indonesia
Jaman Kerajaan PADA zaman Kerajaan Majapahit Patih Gajah Mada membentuk pasukan pengamanan yang disebut dengan Bhayangkara yang bertugas mel
Agenda Nabire
JADWAL BIMTEK PPS
 Sabtu, 27 Juni 2020 2:6

BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) PANITIA PEMUNGUTAN SUARA (PPS)

DAN PANITIA PEMILIHAN DISTRIK (PPD) PILKADA NABIRE TAHUN 2020

GELOMBANG IV (EMPAT)

Hari/tanggal : Sabtu, 27 Juni 2020

Jam : 09.00 WIT - Selesai

Tempat : Aula Gereja Sion, Karang Tumaritis, Nabire

Peserta : PPS dan PPD Distrik Uwapa, Siriwo, Dipa, Menou

HAHAEEE...
Tanah milik KODIM dan POLRES
 Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Info Loker

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan