Home Papua Tengah KPU Dogiyai Uji Publik Dapil Pemilu 2019

KPU Dogiyai Uji Publik Dapil Pemilu 2019

Suroso  Senin, 12 Februari 2018 19:13
KPU Dogiyai Uji Publik Dapil Pemilu 2019
NABIRE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dogiyai melaksanakan uji publik tentang pembagian Daerah Pemilihan (Dapil) Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2019 di Kabupaten Dogiyai. Uji publik melalui Rapat Pleno Terbuka KPU Dogiyai yang dihelat di Rumah Makan Salena, Senin (12/2) dihadiri Bupati Dogiyai, Yakubus Dumupa. Ketua KPU Kabupaten Dogiyai, Moses Magay, dalam pertemuan dengan pimpinan partai politik, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dogiyai dan pejabat sipil Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait mengatakan, KPU sudah menyiapkan dua drap pembagian Dapil yang akan dipakai dalam Pileg 2019 di Kabupaten Dogiyai. Oleh karena itu, pertemuan ini dimaksudkan untuk menampung masukan dari publik dari Kabupaten Dogiyai. Moses mengatakan, jumlah penduduk di Kabupaten Dogiyai sebanyak 112.513 sehingga jumlah alokasi kursi untuk Kabupaten Dogiyai sebanyak 25. Data penduduk tersebut mengacu dari data penduduk yang diterima dari pemerintah melalui KPU RI berdasarkan data penduduk 2014 lalu. Draf pertama, KPU membagi Kabupaten Dogiyai atas 3 daerah pemilihan. Sedangkan draf kedua, KPU Dogiyai membagi 4 Dapil. Dalam draf tersebut, Dapil Dogiyai I yang meliputi Distrik Kamu, Kamu Utara dan Kamu Timur dengan jumlah penduduk 32.974 memperebutkan 7 kursi. Untuk Dapil Dogiyai 2 meliputi Distrik Kamu Selatan dan Dogiyai dengan jumlah penduduk 39.758 memperebutkan 9 kursi. Sedangkan Dapil Dogiyai 3 meliputi Distrik Mapia, Mapia Tengah, Mapia Barat, Piyaiye dan Sukikai Selatan dengan jumlah penduduk 39.781 dengan alokasi 9 kursi. Dalam draf kedua, Dapil I dan II tidak berubah, perubahan terjadi di Dapil III. Perbedaannya, Dapil III meliputi Distrik Mapia dan Mapia Tengah dengan jumlah 20.235 dengan alokasi 5 kursi dan Dogiyai IV meliputi Distrik Mapia Barat, Piyaiye dan Sukikai Selatan dengan jumlah penduduk 19.546 dengan alokasi 4 kursi. Moses mengatakan, sesuai dengan peraturan KPU, dalam satu daerah pemilihan alokasi minimal 3 kursi dan maksimal 20 kursi. Karena itu, KPU membagi Dapil berdasarkan jumlah penduduk dan alokasi kursi paling kurang 3 kursi. Bupati Dogiyai, Jakubus Dumupa mengatakan sekalipun kantor KPU pindah-pindah terus karena belum punya kantor tetapi bekerja teguh. Penilaian selama ini, KPU Dogiyai tidak pernah terbuka dan menentukan pembagian Dapil secara sepihak tetapi hari ini, KPU membuktikan diri bahwa KPU tidak bekerja sendiri dan bekerjasama dengan semua komponen yang ada. Buktinya, KPU mengundang semua pihak yang terkait dan sekarang melaksanakan uji publik kepada semua kompenen yang terkait. Oleh karena itu, Dumapa mengajak peserta untuk memberitahu kepada masyarakat Dogiyai bahwa KPU tidak bekerja sendiri tetapi sudah melibatkan semua komponen sebelum menentukan dapil Pileg di Kabupaten Dogiyai.(ans)
Suroso  Kamis, 15 Februari 2018 4:6
Menuju Pilkada Papua Berintegritas
Oleh : Nenu Tabuni, S.Sos (Catatan Lepas Untuk Pansus Pilgub DPRP Provinsi Papua, Penyelenggaraan Pemilu, Tim Sukses dan Masyarakat Pemilih)
Suroso  Selasa, 20 Februari 2018 22:52
MENOLAK POLITIK UANG DAN SARA
OLEH ERNEST PUGIYE MENOLAK POLTIK UANG DAN POLITISASI SARA dalam konteks demokrasi damai kini sedang aktual dibicarakan di berbagai kalangan
Agenda Nabire
Pameran
 Rabu, 21 Februari 2018 23:12

Pameran Produk UKM dan Koperasi

Hari/tanggal : Rabu (21/2/18) s/d Sabtu (24/2/18)

Tempat : GOR Kotalama

HAHAEEE...
Polisi Interogasi Pelaku Tabrakan Maut
 Rabu, 31 Januari 2018 0:13

Polisi Interogasi Pelaku Tabrakan Maut  

Polisi : Bagaimana kejadiannya,kenapa sampe ko bisa tabrak 30 orang dalam suatu kecelakaan Mobil..??  

Obet : Waktu sa bawa Mobil ni de pu kecepatan 95 km/jam. Waktu sa di pertigaan sa baru sadar kalo Mobil ni de pu rem tuh lagi Rusak. Sa mo belok ke kiri ada Pace dua orang, sedangkan dikanan dong ada bikin pesta ulang tahun... Kalo Bapak Polisi kira2 ko pilih yang mana..??  

Polisi : Mendingan ke kiri toh.. de pu korban hanya sedikit...!!  

Obet : iya Pak, sa juga pikir begitu Pak..!!  

Polisi : Tapi kenapa orang yang sedang Rayakan Pesta ulang tahun dong kena Tabrakan juga...??  

Obet : Ceritanya Begini..Sa sebenarnya tadi pilih tabrak pace dua yang ada di sebelah kiri saja.. Eh..ternyata yang sa tabrak cuma satu saja, pace yang satu nya lagi de lari ke pesta ultah yang ada disebelah kanan, makanya sa belok kejar de kesana…..

Populer