Home Pemda Intan Jaya Festival Budaya Daerah Kabupaten Intan Jaya, Digelar

Festival Budaya Daerah Kabupaten Intan Jaya, Digelar

Suroso  9/22/2017 2:13:22 AM
Festival Budaya Daerah Kabupaten Intan Jaya, Digelar
    SUGAPA – Festival Budaya Daerah Kabupaten Intan Jaya, Senin (18/9) pecan lalu, telah digelar. Festival dipusatkan di lapangan sepakbola Yokatapa, Distrik Sugapa.Dikatakan ketua panitia pelaksana, Markus Imbiri, S.St.Par atas nama Bupati Intan Jaya, sektor pariwisata berperan penting dalam pembangunan bangsa.  Sektor ini sebagai penyumbang terbesar penerimaan negara kedua setelah sektor Migas.  Untuk itu apabila sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dikelola dengan baik dan benar, akan memberikan penerimaan pendapatan asli daerah dan pada saatnya memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Papua. Secara khusus di Papua yang terdiri dari 250 suku dengan beragam budaya dan potensi pariwisata, baik alam, wisata buatan dan wisata budaya, sangat perlu pembinaan dan pengembangan serta peningkatan sektor pariwisata.  Baik itu peningkatan sarana dan prasarana, maupun pengembangan kopetensi sumber daya kepariwisataan. Festival Budaya Daerah Kabupaten Intan Jaya yang baru pertama kali dilaksanakan ini, menurutnya, harus dapat memberi dampak positif bagi masyarakat Intan Jaya.  Dan selanjutnya dapat mengangkat kearifan lokal budaya daerah, serta memberdayakan masyarakat pada even–even di tahun–tahun mendatang.Semua kelompok yang terlibat dalam festival budaya daerah ini, lanjutnya, harus mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik dengan memberikan penampilan yang terbaik. Karena apa yang disuguhkan, merupakan budaya lokal yang harus dilestarikan. “Karena kalau bukan kita yang menjaga dan melestarikannya, siapa lagi,“ tegas Markus Imbiri.Ajang yang pertama kali dilaksanakan ini, sebagai landasan atau tolak ukur agar kedepan baik dalam penyelenggaraan lokal maupun penyelenggaraan daerah dan juga secara nasional kita bisa menunjukan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Ada surga budaya yang indah dari Papua, yang berasal dari pegunungan tengah Papua yaitu budaya Intan Jaya yang kita cintai.Diakhir sambutannya, Markus Imbiri mengharapkan agar warisan budaya kita untuk terus dilestarikan. Dirinya juga mengharapkan kepada setiap kelompok, agar dapat membangun diri, serta menggali potensi budaya dan alam di Kabupaten Intan Jaya.  Buka saja untuk menguntungkan ekonomi masyarakat, tetapi juga untuk membangun kepariwisataan di Kabupaten Intan Jaya ini untuk mendatang yang baik. (ist)
Suroso  11/10/2017 8:06:12 AM
Merubah Pola Hidup Papua dengan Sistim Unggulan/Percontohan
Oleh: Drs Anthon Agapa GUNA terjadinya suatu perubahan pola hidup Papua di era modern, kini dalam pelaksanaan pembangunannya mesti digalakk
Suroso  11/5/2017 9:32:24 AM
Pemuda Sebagai Tulang Punggung Pembangunan
oleh:Willy Andhika, SST                Momentum Hari Sumpah Pemuda sud
Agenda Nabire
Kejuaraan Bulutangkis Nabire Open 2017
 11/18/2017 6:31:58 PM

Tanggal : 12 s/d 17Desember 2017

Pukul    : 10.00 WIT s/d Selesai

Tempat : GOR Kotalama, Nabire

HAHAEEE...
Panggilan Sayang Tete ke Nene
 11/12/2017 8:22:53 AM
Satu kali cucu tanya ke tete: "Tete ni tiap kali panggil nene selalu deng panggilan darling, sayang, honey. Darling su makan? Sayang kopi mana? Honey mo ikut? Tete ni paleng romantis sampeee... de pu rahasia apa ka?" Tete: "Ssstttt mari sini tete bisik-bisik, ko jang bilang-bilang sama nene e?" Cucu: "Kenapa jadi Tete?" Tete: "Tete su lupa Nene pu nama..."